oleh

Merapi Erupsi, Radius 3 Km Waspadai Awan Panas

Yogyakarta, NKRIKU Indonesia — Radius 3 km dari kawah Gunung Merapi yang erupsi, Jumat (27/3) jadi zona terlarang. Luncuran awan panas diwaspadai di radius ini.Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida mengatakan luncuran awan panas karena erupsi diperkirakan sejauh 2 km.

Baca juga  Erupsi Gunung Merapi, Letusan Kecil Diprediksi Masih Terjadi

“Masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Merapi. Untuk informasi resmi aktivitas Merapi, masyarakat dapat mengakses informasi melalui Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat,” jelas Hanik kepada wartawan, Jumat (27/3).

Baca juga  Merapi Erupsi, Sebagian Magelang Diguyur Hujan Abu

Selain itu erupsi juga menghasilan abu erupsi yang mengarah ke Barat Daya atau sekitar wilayah Magelang, Jawa Tengah. Sebagian Magelang memang dilaporkan dilanda hujan abu pascaerupsi.

Hanik mengatakan erupsi kali ini didominasi gas. Hal ini membuat sebaran abunya sampai dengan jarak 20 km, dengan durasi erupsi selama 7 menit. Sedangkan awan panasnya masih mengarah ke Sungai Gendol. Aktivitas Merapi kali ini, lanjut Hanik, memunjukkan suplai magma di dapur magma sedang berlangsung.

Loading...

Baca Juga: