by

MLFF Bakal Gantikan Penggunaan E-Toll, BCA Ungkap Nasib Kartu Flazznya!

Pasang

NKRIKU, Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diperkenalkan oleh pemerintah pada tahun 2023 mendatang, dengan hal ini beberapa badan pemangku kepentingan dari pemerintah seperti Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengaku sampai saat ini masih mengkaji penerapan MLFF tersebut.

MLFF sendiri merupakan sistem kerja pembayaran nirsentuh di jalan tol yang tidak mengharuskan untuk berhenti di jalan tol dan mengantre saat pembayaran. Penggunaan MLFF ini akan menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik.

Melihat hal ini, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan bahwa pihaknya akan tetap mendukung kebijakan pemerintah, regulator, dan otoritas perbankan salah satunya terkait dengan wacana transisi e-toll ke sistem pembayaran nirsentuh.

baca juga:

” Kami sebagai bagian dari perbankan nasional akan tetap mendukung kebijakan pemerintah terkait wacana transisi e-toll ke MLFF,” ujar Hera saat dihubungi oleh NKRIKU, Minggu (22/5/2022).

Selain itu, BCA juga mengatakan bila pihaknya akan semaksimal mungkin untuk turut mengkaji ruang gerak dari kebijakan tersebut demi pelayanan optimal dari nasabah dan pengguna uang elektronik dari BCA, yaitu Flazz.

Hingga April 2022 Flazz BCA mencatatkan total transaksi sebesar 207 juta transaksi yang mana melingkupi E-toll dan kegiatan komuter lainnya.

” Perseroan juga akan mengkaji ruang gerak kebijakan tersebut terhadap komitmen memberikan nilai tambah dan layanan yang optimal bagi segenap nasabah dan masyarakat,” tambah Hera.

Sebagaimana untuk diketahui, MLFF nantinya akan menggunakan satelit GNSS (Global Navigation Satellite System), sistem ini dapat melakukan transaksi melalui aplikasi jalan tol yang diunduh di smartphone. Sistem GNSS ini diketahui telah diterapkan di negara-negara di Eropa.

GPS akan menentukan lokasi melalui satelit dan akan melalui proses map-matching. Ketika kendaraan keluar tol, sistem akan melakukan kalkulasi tarif sesuai jalan yang dilewati oleh pengguna jalan tol.