Mohon Bersabar, Aparat Gabungan Terus Kejar Kelompok Ali Kalora

NKRIKU, Aparat gabungan yang terdiri dari Satuan Tugas Tinombala, Densus 88 Antiteror Polri, Satbrimob Polda Sulawesi Tengah dibantu TNI terus memburu kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Ali Kalora cs ini diduga pelaku pembantaiam satu keluarga di Kabupaten Sigi.

“Sampai tim masih melakukan pengejaran. Rentang wilayahnya memang mereka selama ini dari Poso kemudian Parimo Parigi Moutong kemudian Sigi. Jadi tim masih melakukan pengejaran,” kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono, Selasa (1/12/2020).

Saat ini pasukan pengejar ditambah. Bahkan TNI telah mengirimkan Pasukan Khusus untuk menangkap Ali Kalora.

“Hari ini ada informasi tambahan dari TNI AD dan marinir angkatan laut sebanyak 30 orang baru tiba digeser dari Poso,” kata Awi.

Tak hanya mengerahkan kekuatan aparat gabungan untuk mengejar Ali Kalora, Polisi juga melakukan pendekatan kepada tokoh lintas agama untuk menenangkan masyarakat. Bahwa kasus ini tidak ada kaitan dengan isus SARA.

“Polda bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat dari MUI, dari FKUB, FUKRI, Komnas HAM dan media juga dilibatkan untuk bersama melakukan pertemuan memberikan pemahaman dan satu persepsi bahwasanya kasus ini murni kasus teror yang dilakukan Mujahidin Indonesia Timur dan Kelompok Ali Kalora Cs,” jelas Awi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis untuk mengusut jaringan pelaku pembunuhan satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah, yang diduga dilakukan kelompok terorisme Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pada Jumat (27/11/2020).

Kapolri beserta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga telah diperintah Jokowi untuk meningkatkan kewaspadaan pasca peristiwa ini.

“Saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan-jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya,” kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/11/2020). []

baca juga:

Berita Terbaru