Mulai Besok, Keluar Masuk Jakarta Wajib Menunjukkan Surat Izin

Mobilitas masyarakat di wilayah ibukota akan semakin diperketat. Sebab, mulai Jumat besok (22/5), setiap masyarakat yang keluar atau masuk wilayah DKI Jakarta wajib menunjukkan surat izin keluar-masuk (SIKM).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, meminta warga Jakarta maupun luar Jakarta untuk segera mengurus SIKM jika memiliki rencana bepergian keluar-masuk Jakarta.

Berita Populer  Mulai 27 Juli, Warga Tanpa Masker Di Jabar Akan Dikenakan Denda

“Per hari Jumat, SIKM Jakarta itu harus sudah bisa ditunjukkan,” kata Syafrin saat dikonfirmasi, Kamis (21/5).

Bagi mereka yang tidak bisa menunjukkan SIKM, maka orang atau pelaku usaha akan dikenakan sanksi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Berita Populer  China Naikan Tarif Impor Gandum, Australia Ngadu Ke WTO

“Untuk PSBB tetap sama. Kami kerahkan 1.500 orang setiap shift pelaksanaan tugasnya. Tapi dalam tataran pelaksanaan pengawasan Pergub 47 Tahun 2020 tadi,” jelas Syafrin.

Dilanjutan Syafrin, Pasal 8 Pergub tersebut menyatakan orang yang tidak memiliki SIKM tetapi sudah berada di Jakarta, maka akan diarahkan untuk kembali ke tempat asal perjalanannya.

Berita Populer  Satgasus Cakra Buana PDIP: Bertobatlah Jokowi, Enggak Ada Yang Lebih Berkuasa Dari Tuhan

Pilihan lainnya, melakukan karantina selama 14 hari ditempat yang ditunjuk oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Provinsi, dan/atau tingkat Kota/Kabupaten Administrasi.

Berita Terbaru