OJK Mau Himbara Salurkan Modal Kerja ke Industri Pariwisata

NKRIKU Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengharapkan Bank Himbara bakal berkolaborasi dengan sektor industri pariwisata seperti hotel dan restoran untuk memberikan kredit modal kerja. Langkah ini dalam rangka mempersiapkan pemulihan di sektor tersebut.

“Sudah ada mulai pengunjung hotel harus siap utilitasi, sehingga perbankan kami suruh siap untuk membantu perhotelan. Kami harapkan orkestra ini jangan sampai miss,” katanya dalam acara Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional-Temu Stakeholders di Bali, Jumat (9/4/2021).

Wimboh mengatakan, pihaknya memastikan Bank Himbara akan memberikan prioritas pada sektor pariwisata untuk modal kerja. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Bank Himbara terkait pemberian modal kerja.

baca juga:

“Sektor pariwisata jadi prioritas terutama di Bali. Tadi malam kami rapat dengan Pak Wamenkeu Suahasil untuk Dirut Himbara mendata nasabah yang mendapat modal kerja,” katanya.

Ia juga memastikan bagi nasabah yang kena restrukturisasi juga masih tetap mendapatkan modal kerja dan bahkan kredit hingga lebih dari satu tahun.

Wimboh menjelaskan, saat ini kredit perbankan memang masih minus 2 persen yang lebih diakibatkan kredit besar menurun seperti industri perhotelan.

Ia menyampaikan, hal ini karena permintaan belum meningkat signifikan. Namun, ia meyakini sudah ada indikator utama sebagai tanda-tanda pertumbuhan.

Untuk itu, Wimboh berharap agar kredit modal kerja bisa tersalurkan untuk persiapan pemulihan. Dengan begitu, tahun ini ia yakin kredit pada 2021 bisa pulih.

Sebagai tambahan, katanya, OJK juga memastikan hal tersebut dengan terus memonitor penyaluran kredit untuk pemulihan ekonomi.

“Suku bunga bisa turun. SDBK (suku bunga dasar kredit) sudah turun dan kami terus monitor. Begitu juga proses penjaminan Askrindo dan LPEI jadi lebih mudah,” ucapnya. []

Editor: Dhera Arizona Pratiwi

Berita Terbaru