Operasi Senyap KPK Cokok Wali Kota Cimahi Ajay


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna lantaran tersangkut dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait izin pembangunan rumah sakit di Cimahi, Jawa Barat.

Usai ditangkap oleh penyidik KPK dalam operasi senyap pada Jumat (27/11) kemarin, dia langsung menjalani pemeriksaan intensif. KPK sendiri menyatakan bakal mengumumkan status hukum dari Ajay hari ini.

Meski demikian, belum ada informasi lengkap mengenai kronologis dugaan korupsi yang terjadi dalam pembangunan rumah sakit itu. Hanya saja, dapat dipastikan bahwa KPK turut meringkus sekitar 10 orang.

Berita Populer  Firli Ingatkan Pejabat Negara Tak Terjebak Gratifikasi Natal

“Sekitar jam 10.40 WIB, KPK telah mengamankan sekitar 10 orang di wilayah Bandung, Jawa Barat. Termasuk di antaranya adalah Wali Kota Cimahi, pejabat Pemkot Cimahi dan beberapa orang unsur swasta,” kata Plt. Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Jumat (27/11).

Selain itu, kata Ali, pihaknya juga mengamankan uang sebesar Rp425 juta dan sejumlah dokumen keuangan dari pihak rumah sakit.

Diketahui, Ajay merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Cimahi. Dia juga diusung oleh partai berlambang banteng moncong putih itu ketika maju sebagai Wali Kota 2017 lalu.

Berita Populer  Kuasa Hukum Nurhadi Bantah Isu Aliran Uang dari Kliennya ke Seorang Selebgram

Terkait hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Syaiful Hidayat memastikan partainya akan memberhentikan Ajay dengan tidak hormat. Pemberhentian dari partai itu akan langsung otomatis berlaku.

Kemudian juga, kata dia, PDIP tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Ajay yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penangkapan ini terkait dugaan korupsi proyek pembangunan rumah sakit di Cimahi.

Berita Populer  Penjelasan Samuel HT Soal Pemanggilan Sebagai Saksi KPK di Kasus Korupsi Jasindo

“Partai tidak akan memberikan bantuan hukum,” ucap Djarot.

Hingga saat ini, belum diketahui pasi jumlah nilai korupsi yang diduga dilakukan oleh Ajay. Selain itu, KPK juga belum mengungkap siapa saja pihak yang turut diamankan bersama sosok orang nomor satu di Cimahi tersebut.

KPK juga pernah mengusut kasus korupsi Wali Kota Cimahi sebelumnya, Atty Suharti pada 2016. Saat itu, Atty ditetapkan sebagai tersangka suap bersama suaminya, M Itoch Tochija terkait pembangunan pasar.

(mjo/bac)

[Gambas:Video NKRIKU]

Berita Terbaru