oleh

Opini: Pemuda Hari ini Harus Ambil Bagian dalam Pembangunan Desa

Takalar,Nkriku.com– Pembangunan Desa yang telah di anggarkan oleh pemerintahan, mendapat perhatian dari Ketua Karang Taruna Topejawa, Muhammad Idris S.Or
Kec. Mangarambombang Kab. Takalar.

Hal ini di ungkapkan Muhammad Idris S.Or terhadap desanya yang menilai peran pemuda saat ini sangat Penting,
Pemuda hari ini harus ambil bagian dalam pembangunan Desa.

Pemuda dalam setiap momen sejarahnya, selalu membubuhkan tinta emas, sebut saja peristiwa peristiwa penting di Indonesiaan. seprti Budu Utomo yang di inisiasi oleh para pemuda, yang melahirkan ikrar sumpah pemuda yang isinya membuahkan semangat kebersatuan menyelinap ke gang gang pemuda.

Kembali pada peristiwa Rengas dengklok peristiwa yang takterlupakan dalam sejarah kemerdekaan, awal dari inisiasi pembacaan proklamasi.

Melalui perjalanan sejarah pemuda maka, dari itu semangat kepemudaan bisa diwariskan kepemuda pemudi desa Topejawa, catatan pemuda mempunyai tantangan tersendiri sesuai jamannya. Serta apa yang menjadi tantangan kita bersama hari ini ?. Apatis terhadap keadaan sekitar serta perilaku hedon dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan handpone masing- masing.

Sedikit penjelasan tentang desa Topejawa
Desa Topejawa, merupakan desa yang sangat strategis dalam tinjauan geografis, di lihat memiliki garis pantai baik di olah sebagai tempat destinasi pariwisata, sebagai tempat pengembangan perikanan, wisata budaya serta wilayah pertanian yang begitu luas ini yang kemudian menjadi keungguan dari desa Topejawa.

Ini yang menjadi peluang besar bagi pemuda untuk mewakafkan diri membangun kampung halamannya sendiri, baik itu berupa sumbangsih pemikiran atau berupa konsep apalagi secara history orang orang Topejawa mempunyai karakter yang sangat kuat dan juga berani.

Karakter yang kuat dan keberaniannya ini seharusnya di konsep dan di dukung oleh pemerintah desa hingga kepemerintah pusat apalagi visi pemerintah hari ini membangun Indonesia dari desa. Karena jangan sampai waktu berlalu begitu saja, tanpa pemuda berani untuk ambil bagian dalam kemajuan desa pemuda Topejawa, harus mengambil peran peran strategis dan membuka ruang untuk mengeksplore bakat serta kemampuannya masing-masing, jangan sampai pemuda berkutat hanya menyibukkan diri di hal-hal perilaku menyimpang. Mustahil orang luar yang ingin bangun desa ini kecuali kita sendiri yang memikirkannya untuk maju.

Penulis: Muhammad Idris S.Or Pemuda Topejawa

Loading...

Baca Juga: