Pangeran Philip Meninggal, PM Inggris hingga Australia Ucapkan Belasungkawa

NKRIKU.COM – Perdana Menteri Inggris hingga Australia memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip, yang tutup usia pada Jumat pagi waktu setempat.

“Dia (Pangeran Philip) adalah seorang pencinta lingkungan, dan juara dunia alam jauh sebelum menjadi mode,” ujar Boris Johnson dari Downing Street, disadur dari Sky News, Jumat (9/4/2021).

“Dengan skema penghargaan Duke of Edinburgh, dia membentuk dan mengilhami kehidupan anak muda yang tak terhitung jumlahnya dan di puluhan ribu acara dia memupuk harapan mereka dan mendorong ambisi mereka.

“Kami mengingat Duke untuk semua ini dan di atas segalanya untuk dukungannya yang teguh untuk Yang Mulia Ratu.

Baca Juga:
Pangeran Philip Meninggal, Sebelumnya Sempat Operasi Jantung

“Bukan hanya sebagai permaisuri, di sisinya setiap hari selama masa pemerintahannya, tetapi sebagai suaminya, ‘kekuatan dan masa tinggalnya’, selama lebih dari 70 tahun.” ujar Johnson.

Berita Populer  Luhut Buka Suara Soal Nelayan NTT Menang Gugatan di Pengadilan Australia

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer juga ikut menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Pangeran Philip pada usia 99 tahun.

“Inggris telah kehilangan pegawai negeri yang luar biasa pada Pangeran Philip. Pangeran Philip mengabdikan hidupnya untuk negara kita – dari karier yang luar biasa di Angkatan Laut Kerajaan selama Perang Dunia Kedua hingga pengabdiannya selama beberapa dekade sebagai Duke of Edinburgh,” ujar Sir Keir Starmer.

“Namun, dia akan dikenang terutama karena komitmen dan pengabdiannya yang luar biasa kepada Sang Ratu. Selama lebih dari tujuh dekade, dia berada di sisinya. Pernikahan mereka telah menjadi simbol kekuatan, stabilitas dan harapan, bahkan saat dunia di sekitar mereka berubah – paling akhir selama pandemi.” imbuhnya.

Berita Populer  Australia Lockdown Melbourne Usai Kasus Corona Melonjak

Ucapan duka juga datang dari Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon melalui cuitannya di Twitter:”Saya sedih dengan berita bahwa Duke of Edinburgh telah meninggal.

Baca Juga:
Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

“Saya mengirimkan belasungkawa pribadi dan terdalam saya – dan belasungkawa dari @scotgov dan orang-orang Skotlandia – kepada Yang Mulia Ratu dan keluarganya.”

Pangeran Philip meninggal. (Dok: Twitter/The Royal Family)Pangeran Philip meninggal. (Dok: Twitter/The Royal Family)

Perdana Menteri Wales, Mark Drakeford, berkata: “Sepanjang hidupnya yang panjang dan terhormat, dia melayani Ratu dengan pengabdian tanpa pamrih dan semangat kemurahan hati.

“Dia akan dirindukan oleh banyak organisasi yang dia dukung sebagai Pelindung atau Presiden selama beberapa dekade pengabdian.” ucapnya.

Berita Populer  Selain Jakarta, Manila dan Melbourne Lockdown Lagi karena Covid

Perdana Menteri Irlandia Utara Arlene Foster juga mengungkapkan belasungkawa dengan menyebut Pangeran Philip memiliki pengaruh yang kuat di negaranya.

“Dia memiliki minat yang kuat di Irlandia Utara dan saya mendapat kehormatan untuk bertemu dengannya dalam beberapa dari kunjungannya di sini,” ujarnya.

Scott Morrison, Perdana Menteri Australia, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Melalui pengabdiannya kepada Persemakmuran ia memimpin sebagai pelindung atau presiden dari hampir 50 organisasi di Australia.

“Mengingat jasanya sendiri, Pangeran Philip juga memiliki hubungan yang kuat dengan Angkatan Pertahanan Australia.

“Selama 65 tahun, skema Penghargaan Duke of Edinburgh telah mendorong lebih dari 775.000 pemuda Australia untuk mengeksplorasi potensi kepemimpinan mereka,” ucapnya.

Berita Terbaru