Panglima TNI Sumbangkan 59 Ekor Babi Hutan, Diangkut Pakai Pesawat Hercules ke Papua


NKRIKU – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengirimkan bantuan 59 ekor babi hutan yang akan digunakan untuk upacara adat bakar batu di Papua. Bantuan itu diterbangkan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI dari Lanud Pattimura Ambon menuju Bandara Mozes Kilangin, Timika Papua, Kamis (26/11/2020).

“Bantuan 59 ekor babi hutan yang diberikan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk memeriahkan upacara adat bakar batu di bulan cinta kasih menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil, dalam siaran persnya, Kamis (26/11/2020).

Kolonel Sus Aidil mengatakan, penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Aspotwil Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Dadang Rukhiyana kepada kepala suku di beberapa wilayah seperti Wamena, Sugapa, Ilaga, Puncak Jaya, dan Timika.

Untuk diketahi, upacara bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua yang umumnya dilakukan oleh suku di daerah pegunungan, seperti di Lembah Baliem, Paniai, Nabire, Pegunungan Tengah, Pegunungan Bintang, Jayawijaya, Dekai, dan Yahukimo.

Tradisi ini bertujuan untuk bersyukur, mengumpulkan sanak saudara dan kerabat dan menyambut kebahagiaan (kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku. Tradisi ini juga bentuk perdamaian atau mengakhiri permusuhan karena perang suku melibatkan orang banyak.

Dalam upacara ini, warga satu kampung menggelar ritual memasak bersama-sama. Warga akan membakar batu hingga benar-benar panas dan ditumpuk di atas makanan yang akan dimasak.

Selain itu, babi-babi dibawa ke tengah lapangan yang dikelilingi para tamu untuk dipanah dan dipotong, lalu dimasak. Seekor babi besar khusus akan dipotong dan dipersembahkan bagi roh nenek moyang. []

Berita Terbaru