Pemerintah Kawal Kesiapan Sarana Vaksin Covid-19

JAKARTA, NKRIKU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan kesiapan pelaksanaan program vaksinasi covid-19 secara nasional. Hal ini dilakukan saat Kepala Negara meninjau langsung simulasi vaksinasi covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat pada 18 November 2020.

Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh prosesnya berjalan lancar.

Berita Populer  Achmad Purnomo Positif Covid-19, Jokowi Tes Swab Sore Ini

“Secara logistik, kesiapan prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain sudah siap, untuk menjaga kualitas dan keefektifannya sudah berjalan dengan baik,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Adisasmito saat menjawab pertanyaan media di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (26/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Berita Populer  Kelompok Ini Desak Jokowi Mundur, Ternyata Orangnya...

Saat ini rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia sudah mencapai 97 persen. Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi untuk menentukan daerah prioritas yang akan memperoleh vaksin. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti jumlah kasus positif, jumlah penduduk, luas wilayah, dan sebagainya. 

Pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam program vaksinasi covid-19. Jumlah SDM yang dibutuhkan tentunya menyesuaikan jumlah peserta vaksinasi. Lalu koordinasi yang dilakukan juga meliputi sarana pendukung lainnya yang dibutuhkan saat program vaksinasi dilakukan.

Berita Populer  Tenun Gedognya Dipakai Presiden Jokowi, Perajin Batik Tuban Bangga

Editor : Rizal Bomantama

Share

Share

Berita Terbaru