Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Ditunda Hari Ini


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengisyaratkan bahwa pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 ditunda dari rencana awal yang sejatinya dibuka bersamaan dengan pengumuman gelombang 12, hari ini (3/3).

Namun, Louisa tidak merinci kapan gelombang ke-13 akan dibuka. Sementara itu, pengumuman hasil seleksi gelombang 12 diundur dan akan dilakukan antara Rabu (3/3) atau Kamis (4/3).

Berita Populer  Terpopuler Bisnis: Saham Anthoni Salim, Kartu Prakerja dan Sri Mulyani

“Kartu Prakerja (pembukaan) gelombang 13 belum hari ini. Pengumuman gelombang 12 bisa hari ini atau besok,” jawabnya lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Program Kartu Prakerja yang semula didesain sebagai program pelatihan pekerja diubah menjadi program semi bantuan sosial (bansos) selama pandemi covid-19.

Program memberi insentif kepada peserta sebesar Rp600 per bulan selama 4 bulan dengan total insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta.

Berita Populer  Pemerintah Jelaskan Pelibatan Startup dalam Kartu Prakerja

Pada tahun lalu, pemerintah membuka sebanyak 11 gelombang. Setelah melakukan evaluasi, pada bulan lalu Kartu Prakerja gelombang ke-12 program resmi dibuka.

Secara terpisah, Louisa menyebut pihaknya belum bisa memastikan jumlah kuota penerima Kartu Prakerja hingga akhir 2021.

Ia mengatakan kuota penerima Kartu Prakerja yang dapat dipastikan baru sampai akhir semester I, yakni sebanyak 2,7 juta peserta.

Berita Populer  Jokowi: Realisasi Kartu Prakerja Capai Rp 16,62 Triliun untuk 4,86 Juta Penerima

Sementara, anggaran yang disediakan untuk pelaksanaan program pada paruh pertama 2021 itu sebesar Rp10 triliun.

“Anggaran yang sudah definitif adalah Rp10 triliun untuk satu semester dengan jumlah penerima 2,7 juta dalam skema yang sama persis seperti 2020,” tutur dia, usai konferensi pers Pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja, Selasa (23/2) lalu.

[Gambas:Video NKRIKU]

(wel/bir)

Berita Terbaru