Pendaftaran SNMPN 2021 Dibuka, Apa Bedanya dengan SNMPTN?

NKRIKU.COM – Pendaftaran SNMPN 2021 dibuka sejak 11 Januari lalu. SNMPN menjadi salah satu cara agar siswa dari jenjang sekolah menengah atas/ kejuruan dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi. Selain SNMPN siswa juga mengenal istilah yang lebih familiar yakni SNMPTN. Keduanya berbeda.

Beda SNMPN dengan SNMPTN 

SNMPN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri, sedangkan SNMPTN merupakan singkatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Berita Populer  Bocoran Tes dan Rincian Soal Ujian PPPK 2021 Terbaru

Pendaftaran SNMPN 2021 hanya diperuntukkan bagi jalur undangan dengan jenjang D-3 atau vokasi di politeknik. Sedangkan pendaftaran SNMPTN diperuntukkan bagi jalur undangan dan dengan jenjang D-4 atau sarjana terapan dan S-1 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca Juga:
Info PraKerja Gelombang 12: Alur dan Cara Daftar di prakerja.go.id

Ada 86 perguruan tinggi negeri dan 44 politeknik yang bisa dipilih untuk masing-masing jalur. Kendati demikian, keduanya hanya menerima siswa lulusan tahun 2021.

Berita Populer  Hanya Dua Hari, Pendaftaran Bakal Calon Ketua DPD Golkar Sulsel Dibuka Mulai Besok

Pendaftaran SNMPN 2021 dilakukan dengan mengakses website snmpn.politeknik.or.id. Namun sebelumnya pihak sekolah harus mendaftarkan terlebih dahulu sekolahnya sehingga setiap siswa memiliki akses mendapatkan username dan password. Pendaftaran SNMPN ini sudah dimulai sejak 11 Januari-19 Maret 2021. Hasilnya akan diumumkan pada 6 April 2021.

Sementara itu pendaftaran SNMPTN 2021 dilakukan melalui website portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman snmptn.ltmpt.ac.id. 

Tidak semua siswa bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini. Hanya siswa yang dipilih oleh sekolah yang memiliki kesempatan mendaftar SNMPTN.

Berita Populer  SNMPN 2021, Jadwal dan Syarat Pendaftaran Lengkap

Masing-masing sekolah mengajukan nama siswa berdasarkan akreditasi dan jumlah keseluruhan siswa. Ketentuan jumlah siswa yang bisa didaftarkan lewat jalur SNMPTN di masing-masing sekolah ditentukan oleh LTMPT.

Baca Juga:
KIP Kuliah 2021 Kemendikbud: Jadwal, Syarat, hingga Alur Pendaftaran

Sebelum siswa melakukan proses pendaftaran SNMPTN, ada beberapa langkah yang terlebih dahulu harus dilakukan oleh pihak sekolah.

Berita Terbaru