Pendeta SAE Nababan di Mata Luhut: Tokoh Visioner, Sering Jadi Teman Debat

NKRIKU, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan turut mengenang pendeta senior gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) SAE Nababan sebagai tokoh yang memiliki banyak pengaruh. Luhut mengatakan Nababan ialah salah satu sosok yang visioner.

Berita Populer  Soal Arahan Luhut Perketat PSBB, Riza: Diputuskan Setelah 22 Desember

“Menurut Pak Luhut, beliau (Pendeta Nababan) orang hebat, tokoh visioner yang mempunyai banyak pemikiran bagus untuk negara kita,” ujar Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jodi Mahardi, saat dihubungi Tempo, Ahad, 9 Mei 2021.

Luhut juga mengakui Nababan kerap menjadi kawan debatnya dalam berbagai hal. “Sering menjadi teman berdebat Pak Luhut yang beliau hormati,” tutur Jodi.

Berita Populer  Luhut: Indonesia - Jepang Lanjutkan Kerja Sama Tangani Isu Lingkungan dan Sampah

Nababan wafat di usia 88 tahun setelah dirawat di RS Medistra Jakarta. Nababan pun dikenal sebagai tokoh gerakan oikoumene nasional dan internasional.

Ia lahir pada 24 Mei 1933 di Tarutung, Tapanuli Utara. Ia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Teologi Jakarta (sekarang STFT Jakarta) 1956 dan pada tahun yang sama ditahbiskan menjadi pendeta.

Berita Populer  Luhut Berencana Longgarkan Tempat Wisata, Bali dan Yogya Masuk

Sejak muda, Nababan aktif dalam pelayanan ekumenis dan sosial kemasyarakatan. Ia juga dikenal di gerakan ekumenis baik tingkat nasional, Asia, maupun dunia.

Berita Terbaru