Penentu Laju Ekonomi, Desa Harus Jadi Ujung Tombak Pembangunan

NKRIKU  Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan bahwa desa harus menjadi ujung tombak pembangunan karena desa merupakan pemerintahan terkecil yang dapat menentukan majunya perekonomian nasional.

“Kita ingin pemberdayaan masyarakat yang bermuara terutama di desa. Tanpa ada pemberdayaan masyarakat, tidak ada gunanya menyelenggarakan pemerintahan desa,” kata Fadel dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Berita Populer  Kemendes Akui Ekonomi Desa Masih Tertinggal dari Kota

Fadel menerima pengurus pusat Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) yang dipimpin ketuanya Fery Radiansyah.

Kepengurusan PABPDSI yang saat ini sudah meliputi 25 propinsi, akan menggelar Rakornas pada Juni 2021.

Menurut Fadel, program yang direncanakan PABPDSI harus didukung karena keberadaan organisasi ini merupakan tahapan menuju “Good Governance Desa” yang menjadi kunci utama pembangunan desa.

Berita Populer  Isu Masa Jabatan Presiden Jadi 3 Periode, PPP: Tak Ada Usulan dari Parpol Pendukung

“Saya merasakan bahwa ujung tombak pembangunan itu ada di desa. Maka saya berkeras dan berpendapat bahwa kita perlu mengatur adanya dana desa,” ujarnya, melansir Antara.

Menurutnya, dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah desa yang mencakup pelayanan, pembangunan, dan perdayaan masyarakat.

Berita Populer  Kejar Target Pembangunan, DPR Minta Bappenas Perbaiki Program

Karena itu, Fadel Muhammad berharap saat rakernas PABPDSI nanti ada pembahasan khusus mengenai pemberdayaan masyarakat desa sehingga keberadaan pemerintahan desa lebih bermanfaat dan terasa keberadaannya bagi kepentingan rakyat.

Fadel bercerita pengalamannya saat menjadi Gubernur Gorontalo dalam memberdayakan masyarakat desa. Saat itu ia mengeluarkan kebijakan bernama Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

Berita Terbaru