oleh

Pengertian sejarah menurut para ahli

Pengertian sejarah | Inilah pengertian sejarah yang banyak dijadikan referensi dalam mengetahui pengertian sejarah dimana bahwa Sejarah adalah suatu kejadian yang hadir dimasa lalu yang tersusun berdasarkan adanya peninggalan-peninggalan pada setiap peristiwa. Secara asal-usul kata, sejarah berasal dari bahasa Yunani yaitu Istoria berarti belajar. Dalam bahasa Arab, sejarah dikenal sebagai sajaratun yaitu pohon yang berarti menunjukkan sebuah silsilah keturunan atau peristiwa yang ada di masa lalu.

Pengertian sejarah menurut peristilahan
– Sejarah dalam bahasa Yunani yaitu Isotira yang memiliki arti sebagai penyelidikan / pengetahuan yang telah diperoleh lewat penelitian yang begitu mendalam. Hal tersebut telah menunjukkan bahwa pada pengkajian sejarah sudah sepenuhnya bergantung pada penyelidikan yang begitu mendalam terhadap segala perkara atau kejadian yang telah benar-benar terjadi pada masa lampau.

Loading...
 pengertian sejarah

– Sejarah dalam bahasa Arab yaitu Syajaratun yang memiliki arti pohon. Sebagaimana kita ketahui bahwa pohon memiliki struktur yang bercabang-cabang dimana pada setiap cabang saling terhubung pada setiap kejadian yang lainnya dan dianggap sebagai sebuah silsilah atau peristiwa yang ada di masa lalu.

– Sejarah dalam bahasa jawa yaitu babad yang memiliki arti riwayat dan sejarah atau memotong tumbuhan dengan menggunakan pisau agar menjadi terang, sehingga dapat diartikan bahwa sejarah untuk mengurai segala kejadian yang ada dimasa lalu agar dapat menjadi terang dan jelas atas kejadian yang telah terjadi dimasa lalu.

Sejarah berbicara tiga aspek yaitu masa lalu, masa kini dan masa depan dimana masa lalu selalu dijadikan pembelajaran dimasa kini sehingga dapat menjadi pegangan dimasa yang mendatang. Pada masa kini, dijadikan untuk dijadikan cermin dalam menetapkan kemajuan dimasa yang mendatang.

Tentunya ada berbagai macam penafsiran mengenai pengertian sejarah oleh beberapa ahli, oleh karena itu mari kita bahas bersama pengertian sejarah menurut para ahli, berikut informasi tentang pengertian sejarah menurut para ahli:

Pengertian sejarah menurut para ahli

pengertian sejarah

1. Pengertian sejarah menurut Patric Gardiner adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang telah dilakukan oleh manusia.

2. Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah suatu cabang dalam ilmu pengetahuan yang bertujuan menyelidiki dan meneliti dengan tersusun dan teratur pada perkembangan masyarakat serta jalan hidup manusia di masa lalu dan segala kejadian yang dimaksud dalam menilai secara kritis di seluruh hasil penelitian tersebut agar dapat dijadikan pedoman untuk penilaian dan penentuan kondisi sekarang serta mengatur arah proses masa yang mendatang

3. Pengertian sejarah menurut Moh. Yamin adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan pada setiap peristiwa yang bisa dibuktikan dengan adanya bahan kenyataan.

4. Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah suatu catatan mengenai peradaban dunia atau umat manusia yang telah mengalami perubahan-perubahan yang sudah terjadi karena watak masyarakat itu.

5. Pengertian sejarah menurut J.V. Bryce adalah suatu catatan mengenai apa yang telah dipikirkan, yang telah dikatakan dan dilakukan oleh umat manusia.

6. Pengertian sejarah menurut W.H. Walsh adalah suatu pencatatan yang berarti dan sangat penting bagi manusia dimana catatan tersebut mencakup tindakan-tindakan dan setiap pengalaman manusia yang terjadi dimasa lalu pada berbagai hal yang sangat penting sehingga dapat menjadi cerita yang berarti.

7. Pengertian sejarah menurut Moh. Ali dalam sebuah buku Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia adalah pertama sebagai jumlah setiap perubahan, peristiwa atau kejadian yang ada disekitar kita, kedua sebagai cerita mengenai segala perubahan, peristiwa atau kejadian yang ada didalam kenyataan pada sekitar kita. Ketiga sebagai ilmu yang bertujuan menyelidiki segala perubahan, peristiwa atau kejadian yang ada disekitar kita.

Dari beberapa pengertian sejarah menurut para ahli, kita dapat menyimpulkan bahwa sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang objek kajiannya mempelajari setiap peristiwa yang sudah terjadi pada masa lalu di dalam kehidupan umat manusia. Dan sejarah tersebut akan abadi sepanjang perjalanan manusia,

Kemudian sejarah akan terus berkesinambungan dan memiliki rentetan cerita yang begitu panjang, oleh sebab itu sejarah meliputi:

1. Masa lampau yang diuraikan berdasarkan kronologinya atau urutan waktu.
2. Memiliki hubungan sebab akibat.
3. Mengandung kebenaran yang bersifat subjektif sehingga masih memerlukan pengkajian yang lebih untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki.
4. Terkait masa lalu, masa sekarang, dan masa yang mendatang.

Nah itulah tadi beberapa pengertian sejarah menurut para ahli. Tentu jika pengertian sejarah dikaji secara peristilahan maka memiliki kesamaan makna dengan apa yang disampaikan oleh beberap ahli diatas.

Pengertian sejarah menurut para ahli

Demikianlah informasi mengenai pengertian sejarah menurut para ahli | Mudah-mudahan informasi mengenai pengertian sejarah menurut para ahli dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan tentang pengertian sejarah menurut para ahli.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga: