by

PENGUMUMAN! 5 Bansos Januari 2023 Kapan Cair Tanggal Berapa? Cek Nama Penerima di Sini

Pasang

NKRIku.com – Pemerintah resmi mengumumkan bansos Januari 2023, kapan cair tanggal berapa? cek nama penerima di sini.

Bantuan Sosial (Bansos) akan kembali disalurkan mulai Januari 2023. Satu di antaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan empat Bansos lainnya.

Kami bagikan info terbaru bansos Januari 2023 kapan cair tanggal berapa dan cara cek nama penerima.

Bantuan Sosial dalam rangka perlindungan sosial ini akan terus diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang memang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Ada beberapa Bantuan Sosial yang beberapa tahun yang lalu bantuan tersebut terus dicairkan setiap tahunnya dan tidak terkecuali di tahun depan 2023.

Bansos tersebut juga masih akan terus diberikan kepada para penerima manfaat yang dinyatakan layak untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Bagi masyarakat yang memiliki NIK sudah padan di dukcapil dan namanya masih terdaftar di dalam data terpadu kesejahteraan sosial, selamat buat Anda karena di tahun 2023 punya kesempatan untuk menerima manfaat Bantuan Sosial.

Berikut 5 Bansos Januari 2023 Kapan Cair Tanggal Berapa? Cek Nama Penerima

  1. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan Keluarga Harapan (PKH), di mana bantuan PKH di tahun 2022 ini target penerimanya sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Di tahun 2023 mendatang, kuota penerima manfaatnya masih sama yaitu 10 juta keluarga penerima manfaat.

Namun, di penghujung tahun 2022 ini proses verifikasi kelayakan BNBA ini masih terus dilakukan oleh pemerintah daerah.

Oleh sebab itu, masih ada peluang bagi penerima bantuan PKH yang tidak layak mendapatkan bantuan.

Kemungkinan karena faktor meninggal, tidak ditemukan, sudah termasuk orang yang kaya atau sejahtera ASN TNI ataupun Polri, pegawai BUMN, BUMD, dan sebab lainnya.

Hal tersebut bisa menjadi potensi tidak dilayakan oleh pemerintah daerah, sehingga kuota 10 juta keluarga penerima manfaat tersebut ada kekosongan.

Jadi, ada kemungkinan warga yang namanya terdaftar di dalam data DTKS berpeluang mengisi kekosongan tersebut.

  1. Bantuan Pangan Non-Tunai/ Program Sembako

Bantuan kedua yang positif akan dicairkan pada tahun 2023 mendatang adalah bantuan pangan non-tunai atau sembako.

Di mana target penerimanya sejumlah 18,8 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia, dan nominal bantuannya sebesarRp200.000 ribu. Namun, di tahun 2022 ini mekanisme penyalurannya bervariatif.

Ada yang disalurkan melalui PT. Pos Indonesia secara tunai dan ada yang melalui kartu KKS atau bank penyalur.

Pencairan melalui bank dalam bentuk saldo E-wallet dan para KPM wajib membelanjakan ke agen ataupun ke warung.

Untuk bantuan BPNT ini akan mulai dicairkan di awal tahun 2023 tepatnya di bulan Januari.

  1. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan ketiga yang akan kembali dicairkan di tahun 2023 yaitu bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Jadi untuk bantuan PIP sendiri alokasinya sebanyak 17,9 juta siswa penerima mulai dari jenjang pendidikan SD sederajar hingga SMA sederajat.

Di tahun 2022 ini proses penyalurannya di bagi menjadi tiga termin. Untuk termin yang terakhir ini, di cairkan mulai dari bulan Oktober, November dan Desember.

Untuk saat in, bantuan PIP masih belum memenuhi kuota 17,9 juta penerima.

Artinya, di tahun 2022 di penghujung tahun masih ada kemungkinan proses pencairan bantuan PIP.

Untuk bantuan PIP untuk pendidikan SD dan SMP menggunakan bank penyalur bank BRI. Kemudian untuk jenjang SMA dan SMK menggunakan bank penyalur yaitu bank BNI.

Besaran bantuannya untuk jenjang SD sebesar Rp450.000. Untuk SMP sederajat sebesar Rp750.000, dan untuk jenjang SMA dan SMK sederajat sebesar Rp1.000.000 juta rupiah.

  1. Bantuan PIP Kementrian Agama

Bantuan PIP kementrian agama ini untuk sekolah yang dibawah naungan kementrian agama seperti, MI, MTS, dan Madrasah Aliyah.

Bantuan PIP untuk Kemenag ini dianggarkan untuk tahun 2022 ini adalah sebesar dua juta siswa.

Untuk besaran bantuannya masih sama. Yaitu untuk jenjang pendidikan MI, yaitu Rp450.000, MTS Rp750.000 dan Madrasah Aliyah sebesar satu juta rupiah.

  1. Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Bantuan yang masih tetap dicairkan di tahun 2023 yaitu bantuan Kartu Indonesia Sehat atau PBI.

Penerima Bantuan Iuran BPJS, kesehatan yang gratis dbayar iurannya oleh pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Untuk tahun 2022, kuota bantuan BPI sebanyak 96,8 juta orang di seluruh Indonesia.

Tentu bantuan KIS ini manfaatnya sangat luar biasa karena apabila penerima ini sakit, yang mengharuskan operasi apabila tanpa menggunakan KIS BPI ini biayanya sangat banyak.

Jadi, operasi dari penerima bantuan BPI ini akan ditanggung oleh pemerintah alias gratis. Demikianlah info bansos Januari 2023 kapan cair tanggal berapa, cek nama penerima.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Pengumuman 5 Bansos Januari 2023 Kapan Cair Tanggal Berapa? Cek Nama Penerima di Sini