by

Penyebab Dana PKH yang Diterima Kurang

Apa kabar bapak ibu? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Kali ini admin akan memberikan informasi terkait jumlah dana PKH yang diterima tidak sesuai dengan komponen alias kurang.

Di grup, ada banyak pertanyaan dari para anggota tentang besaran bantuan PKH “Komponen saya ada sekian, saya punya anak SD, anak SMP, anak SMA, tapi yang saya terima kok tidak sesuai?”

Ini yang akan admin informasikan kepada bapak ibu sekalian. Oleh karena itu, simak informasi ini dengan baik agar tidak terjadi gagal paham.

Jadi, bapak ibu sekalian, ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa dana PKH tidak sesuai dengan yang diterima, padahal komponennya ada banyak.

Berita Populer  Viral, Uang PKH Kurang. Ternyata Ini Penyebabnya...

Pertama, salah satu penyebab yang membuat dana PKH kurang adalah anggota keluarga tidak tercantum dalam KK. Hal ini akan mengakibatkan anggota keluarga tersebut tidak tercover dalam pendataan.

Penyebab selanjutnya adalah penerima yang dibantu dalam peserta PKH adalah keluarga inti, yaitu ayah, ibu, dan anak. Kalau cucu itu tidak termasuk keluarga inti. Karena, biasanya ada keluarga yang memasukkan cucunya ke dalam KK.

Untuk kategori lansia, kalau misalnya di dalam rumah ada 2 orang lansia, yang dibantu hanya 1 orang untuk komponen lansia.

Berita Populer  Penerima Bansos PKH Dapat Double, Khusus Bulan Ini

Untuk ibu hamil, hanya sampai kehamilan kedua yang dibantu. Jadi, kalau misalnya hamil yang ke-3, penerima tersebut tidak dibantu lagi. Namun, ketika telah melahirkan barulah bisa menerima bantuan lagi karena mempunyai komponen balita.

Untuk balita pun, hanya 2 orang yang dibantu. Jadi, kalau misalnya di dalam rumah balita ada 3 orang, artinya yang dibantu cuma 2 orang, karena bersinergi dengan program KB, 2 anak cukup.

Jadi, itulah beberapa hal yang menyebabkan kenapa dana PKH kurang karena menyesuaikan dengan komponen.

Penting diperhatikan bahwa komponen yang dibantu itu hanya 4 komponen. Kalau misalnya di dalam rumah ada 5 komponen, misalnya ada anak SD 2 orang, anak SMP 2 orang, anak SMA 2 orang, artinya hanya 4 komponen saja yang dibantu dan komponen yang paling tinggi besarannya.

Berita Populer  Penyerapan Dana Penanganan Corona Belum Sampai 50 Persen

Namun, ketika bapak ibu merasa tidak memiliki semua penyebab di atas, tolong segera disampaikan kepada pendamping agar datanya bisa segera diperbaharui. Karena, bisa juga karena data ibu belum dimutakhirkan.

Misalnya, ibu memiliki anak balita, tetapi ibu lupa melaporkannya kepada pendamping. Jadi, harus dilaporkan kepada pendamping setiap kali ada perubahan data di lapangan.

Berita Terbaru