Per 3 Desember, Airlangga Catat Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi 68,6 Persen

NKRIKU, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan realisasi anggaran penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga 3 Desember 2021 mencapai 68,6 persen atau Rp513,17 triliun dari pagu Rp744,7 triliun. 

“Dibandingkan kuartal III 2021 (realisasi) meningkat Rp101,18 triliun,” kata Airlangga dalam konferensi pers daring mengenai evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 6 Desember 2021.

Berita Populer  4 Syarat Pemerintah Daerah Bisa Dapat Dana Pinjaman Pemulihan Ekonomi

Jika dirinci, realisasi anggaran PEN untuk penanganan klaster kesehatan sebesar Rp140,52 triliun atau 65,4 persen dari total pagu. Kemudian, realisasi anggaran klaster perlindungan sosial sebesar Rp142,6 triliun atau 76,4 persen dari pagu.

Selanjutnya, realisasi anggaran di klaster program prioritas sebesar Rp89,6 triliun atau 68,4 persen dari pagu, realisasi dukungan UMKM dan korporasi sebesar Rp85,5 triliun atau 51 persen dari pagu, dan realisasi insentif usaha mencapai Rp63,8 triliun atau 101 persen dari pagu.

Berita Populer  PLN Catat Konsumsi Listrik Oktober Pecahkan Rekor, Capai 22 TWh

Dari realisasi anggaran di klaster kesehatan, Airlangga menuturkan pemerintah juga mengucurkan Rp3,11 triliun untuk melakukan pengujian COVID-19 dan pelacakan kontak erat pasien.

“Anggaran terapeutik dan insentif santunan tenaga kesehatan mencapai 80 persen. Realisasi anggaran untuk vaksinasi Rp28,77 triliun,” kata Menko Airlangga.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah memerintahkan jajarannya untuk untuk mempercepat realisasi program di APBN dan APBD, termasuk untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Percepatan realisasi anggaran harus dilakukan segera karena memasuki Desember 2021 atau penghujung tahun sehingga kontribusi APBN dapat maksimal bagi pemulihan kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Berita Populer  Airlangga Sebut Vaksinasi Jadi PR Pemerintah Tahun Depan

BACA: Menko Airlangga Hartarto: Anggaran Ketahanan Pangan 2022 Capai Rp 76,9 Triliun

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Terbaru