Peringati Hari Santri Nasional, Polres Jaksel Gelar Khataman Al-Qur’an Virtual

NKRIKU – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Polres Metro Jakarta Selatan menggelar khataman Al-Qur’an bersama ormas Islam secara virtual.

“Kita sama-sama mengadakan khataman Al-Qur’an dan doa bersama untuk keselamatan bangsa. Khususnya di masa pandemi seperti ini bagaimana kita sama-sama mendoakan agar bangsa Indonesia segera keluar dari masa pandemi,” ujar Kapolres Jaksel Kombes Budi Sartono dalam sambutannya di Polres Jaksel, Jakarta Selatan, Kamis (22/10). Seperti dikutip dari detik.com (22/10/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual zoom untuk menghindari kerumunan. Kegiatan ini diikuti ratusan santri dari Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Jakarta Selatan.

“Bagaimana kita sekarang mengadakan sesuatu, belajar, rapat, semua dengan online. Ini bukan sifat kita. Sifat kita adalah bagaimana kita bisa bertemu bersama. Tapi, memang karena situasi, maka kita mengadakan acara pun seperti ini. Tetapi ini tidak menghilangkan khidmat dan maksud dari acara,” jelasnya.

Selain itu, beberapa Polsek yang berada di wilayah Jakarta Selatan turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Santri Nasional, di antaranya Polsek Cilandak, Pasar Minggu, Jagakarsa, Mampang, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Tebet, Setiabudi, Pancoran, dan Pesanggrahan.

Sementara itu, Ketua HMI MPO Jakarta Selatan Redza Sutiara Akbar menjelaskan, bagaimana konsep perayaan yang dilaksanakan secara virtual ini. Dia menyebut ada 3 kader HMI yang datang ke masing-masing polsek untuk ikut membaca Al-Qur’an dan doa bersama.

“Jadi kan di wilayah Jakarta Selatan ini kita mengirim masing-masing Polsek 3 kader HMI. Jadi masing-masing polsek bisa baca 3 juz bersama-sama. Kita telah mengkhatamkan 30 juz dan ditutup dengan doa,” tutur Redza.

Ia juga meluapkan perasaan bahagianya ketika perayaan Hari Santri Nasional disambut baik oleh Polres Metro Jakarta Selatan.

“Jadi sebenarnya ini bentuk menginisiatori Hari Santri Nasional dan bekerjasama dengan Kapolres Jaksel. Dan Kapolres merespons positif. Sampai-sampai Kapolres menginstruksikan polsek-polsek di Jakarta Selatan juga ikut,” tandasnya.[detik/aks/nu]

Berita Terbaru