Perpanjangan SIM Membludak, Waktu Dispensasi Bakal Ditambah

Jakarta, NKRIKU Indonesia — Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berpeluang menambah waktu dispensasi bagi masyarakat yang memiliki SIM tapi habis masa berlakunya selama pandemi virus corona (covid-19). Sebelumnya, dispensasi hanya diberikan hingga 29 Juni.

Seperti diketahui, dispensasi itu diberikan bagi pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis selama pandemi virus corona pada Maret hingga Mei sehingga tidak dapat memperpanjangnya.

“Sangat mungkin (dispensasi diperpanjang),” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambido Purnomo Yogo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (5/6).

Dalam hal ini, selama masa dispensasi itu masyarakat dengan SIM mati dapat memperpanjang tanpa harus mengulang proses pembuatan SIM. Meski demikian, Sambodo tidak mengatakan ihwal waktu pasti keputusan tersebut dapat dirampungkan.

Berita Populer  Eggi Sudjana Bakal Diperiksa Polisi sebagai Tersangka Makar

Dia hanya menjelaskan bahwa pihak kepolisian masih melakukan pendataan mengenai perkiraan jumlah masyarakat yang harus melakukan perpanjangan SIM karena sudah tidak aktif selama periode pandemi corona.

Hal itu dilakukan agar dapat memperkirakan lama waktu pengerjaan petugas untuk memperpanjang SIM yang telah terhambat beberapa bulan lalu.

“Data masih dihitung berapa SIM yang harus kami perpanjang, berapa kapasitas produksi kami dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan itu,” jelas Sambodo.

Berita Populer  Habib Rizieq Habiskan Waktu di Tahanan Selesaikan Disertasi Gelar Doktoral

Diketahui, pihak kepolisian menutup layanan perpanjangan SIM selama masa pandemi Corona sejak 24 Maret hingga 29 Mei. Artinya, selama kurang lebih tiga bulan, masyarakat dengan SIM mati tidak dapat melakukan perpanjangan.

Kepolisian lalu membuka kembali layanan perpanjangan SIM. Akan tetapi, pelayanan yang diberikan tidak ful seperti biasanya. Jam operasional juga terbatas, hanya buka Senin-Jumat selama 08.00-13.00 WIB, dan pada Sabtu 08.00-12.00 WIB.

Dengan begitu, jumlah masyarakat yang ingin memperpanjang SIM pun tidak terlalu banyak dalam satu hari. Akibatnya, terjadi penumpukan di sejumlah Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM atau pun lokasi pelayanan SIM keliling di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Berita Populer  Hari Ini Kuasa Hukum FPI Bertemu Habib Rizieq Bahas Kasus Dugaan Chat Mesum dengan Firza Husein

Ada Satpas SIM yang telah dipadati oleh warga untuk memperpanjang SIM sejak dini hari. Padahal layanan SIM baru dibuka sesuai jadwal pada pukul 08.00 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, CNNIndonesia.com masih mencoba menghubungi Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono untuk mengetahui kebijakan dari kepolisian dalam skala nasional terkait perpanjangan SIM tersebut.

Pasalnya, pemberian dispensasi hingga 29 Juni beriringan dengan kebijakan pembukaan satpas dan sim keliling yang dituangkan dalam surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020, ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

(mjo/stu)

[Gambas:Video NKRIKU]

Berita Terbaru