Peserta PKH Saturasi Terima Bantuan Sosial Non Tunai Tahap Pertama

Penyerahan KKS, Buku tabungan serta bantuan PKH tahap 1 oleh Vita Manurun, Pihak Cabang Bank Mandiri Makale
bergabung di nkriku.com

Tana Toraja, NKRIku.com–Penyerahan Bantuan Sosial Non Tunai Tahap 1 Tahun 2018 untuk Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Saturasi Tahun 2018 berlangsung di Kantor Kecamatan Malimbong Balepe’, Senin, 16 April 2018.


Dukung kami dengan ngelike fanspage Add Friend

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program unggulan di Kementerian Sosial RI untuk mengentaskan kemiskinan.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA ini dihadiri oleh Sekretaris Camat Malimbong Balepe’ (Daud Tulak) yang sekaligus membuka kegiatan, Lurah Malimbong (Seprianus Tandilayuk, S.Pi), Kepala Cabang Bank Mandiri Makale Tana Toraja (Permadi) beserta tim, Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Tana Toraja (Koldub Garking Gallan), Pekerja Sosial Supervisor Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Tana Toraja (Novani Putri Batara), serta Pendamping Sosial PKH dari Kecamatan Malimbong Balepe’, Mengkendek, Rembon serta Kecamatan Bittuang.

Peserta penerima bantuan PKH

Kegiatan ini dimulai dengan informasi terkini tentang Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Kecamatan Malimbong Balepe’ oleh Pendamping Sosial PKH Kecamatan Malimbong Balepe’, Wahidil Haq, S.Pd.I.

“Tahun 2018, Pemerintah Pusat menambah jumlah peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di seluruh Indonesia menjadi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Olehnya itu, untuk di wilayah Kecamatan Malimbong Balepe’ Kabupaten Tana Toraja penambahan peserta PKH Saturasi 2018 sebanyak 211 KPM, diantaranya untuk Kelurahan Malimbong sebanyak 36 KPM, Lembang Kolesawangan sebanyak 14 KPM, Lembang Balepe’ sebanyak 43 KPM, Lembang Kole Barebatu sebanyak 11 KPM, Lembang Leppan sebanyak 42 KPM, Lembang Lemo Menduruk sebanyak 56 KPM. Dimana total keselurahannya adalah sebanyak 211 KPM termasuk diantaranya peserta PKH dengan komponen Lansia dan Penyandang Disabilitas Berat,” terang Wahidil Haq.

“Untuk peserta PKH tahun 2015 ada sebanyak 432 KPM dan ditambah peserta saturasi tahun 2018 sebanyak 211 KPM, maka jumlah peserta Program Keluarga Harapan (PKH) sampai hari yang ada di Kecamatan Malimbong Balepe’ adalah 643 KPM. Dan untuk hari ini peserta akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam bentuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta Buku Tabungannya oleh Pihak Bank Mandiri Cabang Makale,” lanjut Wahidil.

Usai Pendamping Sosial PKH Wahidil Haq memberikan informasi terkini terkait PKH yang ada di Kecamatan Malimbong Balepe’, Koordinator PKH Kabupaten, Koldub Garking Gallan kemudian melanjutkan Sosialisasi tentang Program Keluarga Harapan (PKH) terkait kewajiban-kewajiban peserta PKH, Hak peserta PKH serta Sanksi yang diberikan jika tidak memenuhi kewajibannya.

“Di PKH ada kewajiban-kewajiban yang harus ibu-ibu penuhi yakni untuk ibu hamil wajib memeriksakan kesehatan selama masa kehamilan, balita wajib mengikuti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) setiap bulan, anak usia SD sampai SMA harus rajin kesekolah minimal kehadiran disekolah setiap bulan 85%,” kata Koldub.

“Jika kewajiban-kewajibannya semua terpenuhi atau semuanya komitmen maka ada hak-hak yang akan diberikan kepada peserta yakni akan mendapatkan bantuan sosial, mendapatkan layanan fasilitas kesehatan dan pendidikan. Tapi jika kewajibannya tidak dipenuhi maka bantuannya akan di tangguhkan,” tambah Koldub.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan arahan tentang bagaimana cara menggunakan Kartu KKS serta fungsi-fungsi Kartu KKS oleh Kepala Cabang Bank Mandiri Makale Tana Toraja, Permadi.

“Jadi kartu ini yang akan ibu-ibu gunakan kedepannya untuk mengambil bantuannya, kartu ini bisa juga digunakan untuk menabung ketika ibu punya rezeki lebih dan semuanya gratis tidak ada potongan administrasi setiap bulan,”kata Permadi.

“Kartunya jangan sampai rusak atau dihilangkan ibu yah, karena akan membutuhkan proses yang sulit dan lumayan lama untuk memperbaiki ataupun menggantinya,” tutup Permadi.

Di akhir acara sebelum kegiatan penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dilaksanakan, Sekretaris Camat Malimbong Balepe’, Daud Tulak mengatakan, “Saya berharap bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk ibu-ibu semua digunakan sebaik mungkin dan sesuai dengan peruntukkannya,” harap Daud Tulak.

*Ibe

bergabung di nkriku.com bergabung di nkriku.com