Prasetijo Suruh Istri Serahkan Uang 20 Ribu Dolar AS ke Kadiv Propam Polri

NKRIKU.COM – Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo mengklaim telah mengembalikan uang suap sebesar 20 ribu dolar Amerika Serikat dari terdakwa Tommy Sumardi ke Divisi Propam Mabes Polri.

Menurut Prasetio, uang asing itu dikembalikan melalui istrinya ketika kasus suap penghapusan Red Notice Djoko Tjandra masih dalam proses penyidikan.

Dalam kesaksiannya yang disampaikan di sidang dengan terdakwa Tommy, Prasetijom mengaku awalnya tak megetahui bahwa uang 20 ribu USD diterimanya dari Tommy untuk upah mengurus red notice Djoko Tjandra. Dia menyebut uang itu diberikan Tommy dengan dalih untuk menjalanin persahabatan.

Berita Populer  Saksi Akui Disuruh Brigjen Prasetijo Tulis Surat Djoko Tjandra Tak Bersalah

“Yang Mulia, bahwa di tanggal 15 Juli, saya dipanggil oleh Kepala Divisi, Kadiv Propam. Saya dikonfrontir sama beliau (Tommy Sumardi). Waktu itu saya ditanya apakah terima uang dari Joko Tjandra. Saya bilang, ‘tidak Jenderal,” ungkap Prasetijo, di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:
Brigjen Prasetijo Cabut BAP soal Uang 50 Ribu Dolar AS dari Irjen Napoleon

Berita Populer  Pemeriksaan Brigjen Prasetijo Terkait Djoko Tjandra Mandek

“Tapi, tiba-tiba terdakwa ini berdiri. ‘Yang bener Bro, lo kan terima uang dari saya,” tambah Prasetijo mengulang ucapan Tommy.

Ketika itu, kata Prasetijo, ia langsung menelpon istrinya untuk membawakan uang 20 Ribu USD yang disimpannya didalam lemari. Untuk dikembalikan kepada penyidik.

“Saya telepon jam 1 malam istri saya, Tolong dibawa itu uang yang ada di lemari yang saya simpan waktu kemarin itu.’ Saya kembalikan, dan ini sudah saya kembalikan yang Mulia,” ungkap Prasetijo

Berita Populer  Bantah Tudingan Jaksa, Pengacara Sebut Brigjen Prasetijo Orang Jujur

Ketika masih dalam proses penyidikannya itu, Prasetijo mengungkapkan bahwa ada perjanjian untuk tidak lagi dipermasalhkan sampai masuk.le dalam ranah persidangan.

“Itu, ada janji, bahwa tidak akan dipermasalahkan sampai di persidangan ini Yang Mulia. Jadi saya kembalikan, di Propam,” kata  Prasetijo.

Baca Juga:
Brigjen Prasetijo Sebut Anita Girang Bertukar Nomor dengan Jenderal

Uang 20 Ribu Dolar AS

Berita Terbaru