Profil Abdullah Azwar Anas, Mantan Bupati Masuk Bursa Calon Menteri Jokowi

NKRIKU.COM – Profil Abdullah Azwar Anas muncul dalam wacana reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, kabar lain menyebut bahwa Jokowi juga membentuk dua kementerian baru dalam Kabinet Indonesia Maju yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Perguruan Tinggi, serta Kementerian Investasi.

Pengalaman Abdullah Azwar dalam memimpin Banyuwangi dirasa mumpuni untuk dikembangkan dalam skala nasional.

Lalu, siapakah sosok Abdullah Azwar Anas? Berikut profil lengkapnya. 

Berita Populer  Mendag Buka Alasan Jokowi Gemakan Kampanye Benci Produk Asing

Baca Juga:
Gara-gara Ini, Raffi Ahmad Digadang-gadang Masuk Isu Reshuffle Kabinet

1. Profil Abdullah Azwar Anas

Pria yang akrab disapa Azwar ini lahir di Banyuwangi, 6 Agustus 1973. Pada tahun 1980 Azwar menempuh pendidikan dasar di MI Karangdoro, Tegal Sari. Tiga tahun kemudian, ia pindah ke MI Kebunrejo Genteng, Banyuwangi hingga SD. 

Saat SMP, Azwar melanjutkan sekolah di SMP Negeri 1 Genteng. Namun, setahun kemudian ia pindah ke SMP Negeri 1 Banyuwangi hingga lulus. Selanjutnya, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Jember, Jawa Timur. 

Berita Populer  Jokowi Izinkan Asing Miliki Saham Media RI

Berikutnya, ia menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI). Ia lantas melanjutkan program magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI.

Ia merupakan putra dari pasangan Muhammad Musayyidi dan Siti Aisyah. Ia menikah dengan Ipuk Fiestiandani dan telah dikaruniai seorang putra bernama  Ahmad Danial Azka. Berikut ini daftar riwayat pendidikan Abdullah Azwar Anas: 

Berita Populer  Tak Dibahas Jokowi di Nota Keuangan, Bagaimana Nasib Proyek Pemindahan Ibu Kota?

Baca Juga:
Gus Miftah Tuntun Seorang Pria Masuk Islam, Alasannya Bikin Terenyuh

MI Karangdoro, Tegal Sari (1980)MI Kebunrejo Genteng, Banyuwangi (1983-1986)SMP Negeri 1 Genteng, Banyuwangi (1986-1988)SMP Negeri 1 Banyuwangi (1988-1989)SMA Negeri 1 Jember (1992)S1 Fakultas Sastra Univ. Indonesia (UI), Jakarta (1994-1999)S1 Fakultas Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta (1992-1998)S2 Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI Jakarta (2002-2005)

2. Awal Karier Abdullah Azwar Anas

Berita Terbaru