Profil Xanana Gusmao, Mantan PM Timor Leste Viral Usai Bantu Korban Banjir

NKRIKU.COM – Profil Xanana Gusmao menjadi perbincangan publik lantaran aksinya turun tangan membantu korban banjir di Dili pada tanggal 3 hingga 4 April 2021 lalu. Tampak Xanana mengangkat kardus dan karung bantuan untuk korban banjir yang diturunkan dari truk.

Potret Xanana dengan pakaian berkaos putih pun viral di media sosial setelah diunggah akun Facebook Mariano Costa pada Kamis (8/4/2021). Foto tersebut kemudian diunggah ulang oleh pemilik akun Twitter @almascatie.

Aksi turun tangan membantu warga terdampak bencana banjir di Dili, Timor Leste ini disambut antusias oleh warga setempat. Hal ini menunjukkan Xanana merupakan sosok yang dikenal dan bukanlah orang sembarangan.

Berita Populer  Profil Bendungan Bener, yang Picu Kericuhan Aparat Vs Warga Purworejo

Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste Xanana Gusmao bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Selasa (4/2/2020). [NKRIKU.COM/Yosea Arga Pramudita]Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste Xanana Gusmao bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Selasa (4/2/2020). [NKRIKU.COM/Yosea Arga Pramudita]

Lalu, siapakah sosok Xanana? Simak profil Xanana Gusmao selengkapnya berikut ini.

Baca Juga:
Gubernur Khofifah Imbau Waspada Banjir Bandang Pasca Gempa (M) 6.1

Mantan Presiden dan Perdana Menteri Timor Leste

Berita Populer  Pastikan Sanitasi untuk Pengungsi Korban Banjir

Xanana Gusmao adalah seorang mantan Perdana Menteri Timor Leste pertama setelah negara itu merdeka pada 20 Mei 2020. Ia merupakan Perdana Menteri Timor Leste dua periode yaitu 2007-2012 dan 2012-2015. Sebelumnya Xanana Gusmao menjabat sebagai Presiden Timor Leste periode 2002-2007.

Pria bernama lengkap Jose Alexander Kay Rala Xanana Gusmao, lahir pada tanggal 20 Juni 1946 di Manatuto, Timor Timur (sekarang Timor Leste). Xanana merupakan putra sulung dari seorang guru. Ia pernah bersekolah di SMA Dili yang saat itu mash dalam kekuasaan Portugis.

Berita Populer  77 Persen Gardu Listrik Terdampak Banjir Jakarta Sudah Nyala

Kehidupan Pribadi

Xanana Gusmao menikah dengan Emilia Batista pada usia 19 tahun dan dikaruniai 2 orang anak bernama Eugenio dan Zenilda. Kemudian keduanya berpisah pada tahun 1999. Gusmao kemudian menikah dengan Kirsty Sword dan memiliki anak bernama Alexander Sword Gusmao, Kay Olok Sword Gusmao, dan Daniel Gusmao.

Baca Juga:
BNPB: Banyak Warga Jadi Korban Banjir NTT Karena Tinggal di Aliran Sungai

Gerilyawan dari Timor

Berita Terbaru