Protes ke Guru soal PKI, Fico Fachriza: Mau Jelekin Kakek Saya Terus?

NKRIKU.com – Siapa yang menyangka Fico Fachriza merupakan salah satu kerabat dari pemimpin senior PKI. Kakek dari komedian 26 tahun ini bernama Murad Aidit yang merupakan adik DN Aidit, pemimpin senior PKI.

Fakta itu diketahui Fico Fachriza saat usianya sekitar enam tahun. Di mana kepresidenan kala itu dipimpin Abdurrahman Wahid alias Gusdur.

“Pas 1999 Gusdur sama dia dihapus tuh tanda PKI. Sebelumnya, orang-orang keturunan PKI ada tanda di KTP. Mama juga ada kali ya,” kata Fico Fachriza kepada NKRIKU.com, Jumat (25/9/2020).

Fico Fachriza menjelaskan ibunya adalah putri Murad Aidit. Sehingga keturunan atas organisasi PKI didapatkan dari sang mama.

Njoto (kanan berkacamata) dan Ketua CC PKI DN Aidit. [Dok. majalah Life]Njoto (kanan berkacamata) dan Ketua CC PKI DN Aidit. [Dok. majalah Life]

Sejak saat itu Fico Fachriza mengetahui dirinya adalah kerabat dari seorang pemimpin PKI, DN Aidit.

Menjadi bagian dari organisasi yang mendapat perlawanan bangsa Indonesia, Fico Fachriza tak merasa minder ataupun takut.

Ia yang duduk di kelas 4 SD bahkan sempat melayangkan protes kepada guru. Lantaran memberikan pelajaran sejarah soal PKI yang berbeda versi dari kisah sang kakek.

“Guru lagi nerangin, terus punya versi yang beda dari yang udah diceritain. Dia tanya ‘kamu tahu dari mana?’ Saya bilang tahu dari kakek saya. ‘Kakek kamu siapa?’ Saya jawab, Murad Aidit,” papar Fico Fachriza.

Bintang film Comic 8 ini melanjutkan, “Saya tanya, jadi ibu mau jelek-jelekin kakek saya terus? Habis itu ibunya diam aja.”

Setelah itu tidak ada lagi pembahasan di antara Fico Fachriza dan guru SDnya tersebut.

Berita Terbaru