Protes Upah yang Buruk, 50 Pramugari Maskapai Italia Ini Tanggalkan Seragam di Alun-alun

NKRIKU.COM – Sedikitnya 50 pramugari menanggalkan seragam mereka di tengah alun-alun sebagai aksi protes atas upah dan kondisi kerja yang buruk.

Menyadur Daily Mirror Selas (26/10/2021), puluhan pramugari tersebut mengadakan aksi protes di Campidoglio, sebuah alun-alun yang didesain ulang oleh Michelangelo.

Pramugari ITA Airways tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai Alitalia, memprotes pengambilalihan perusahaan yang membuat mereka semakin terpuruk.

50 mantan pramugari tersebut awalnya memakai seragam Alitalia, namun kemudian menanggalkannya hingga hanya mengenakan pakaian dalam. Mereka juga meneriakkan “Kami adalah Alitalia”.

Berita Populer  Tambah Lagi, Kini Lebih dari Selusin Negara Tangguhkan Vaksin AstraZeneca

Baca Juga:
Inzaghi: Juventus Cuma Bisa Cetak Gol Lewat Penalti

Para pramugari tersebut juga memprotes kebijakan kontrak baru yang diberikan kepada mereka dan kondisi pekerjaan yang dinilai buruk.

Serikat pekerja mengatakan bahwa mereka yang tinggal digaji lebih rendah daripada saat mereka masih bekerja untuk Alitalia.

Berita Populer  Tipu Perusahaan Italia-China yang Ingin Beli Ventilator, Pelaku Retas Email

Seorang pramugari ITA Airways mengatakan kepada NKRIKU bahwa selain menerima pemotongan gaji, mereka juga kehilangan senioritas dan diperlakukan lebih buruk di tempat kerja.

Para pramugari tersebut juga mengungkapkan jika mereka tidak diberikan penjelasan mengenai di mana dan kapan mereka akan bekerja.

Presiden ITA Airways Alfredo Altavilla menyebut ancaman aksi mogok dan protes tersebut sebagai sesuatu hal yang memalukan.

Baca Juga:
Viral! Warga Tangerang Protes, Rumahnya difoto Google Street View

Berita Populer  Viral Surat dari Penumpang untuk Kru Pesawat, Isinya Bikin Terharu

Alfredo mengklaim jika para pramugari dan staf maskapai sebelumnya telah menyetujui kontrak kerja dan kondisi saat ini.

“Tawar-menawar kontrak lebih dari selesai. Mereka semua setuju, dan mereka telah menandatangani kontrak yang kami kirimkan kepada mereka,” jelas Alfredo mengatakan kepada Il Fatto Quotidiano.

Reuters melaporkan jika dari 10.500 staf Alitalia, hanya 2.800 telah dipekerjakan oleh ITA Airways dan mempertahankan 52 dari 110 pesawat Alitalia.

Berita Terbaru