Pulihkan UMKM, BGR Logistics Transformasi Rantai Pasok Lewat Warung Pangan

NKRIKU, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM Eddy Satriya menyampaikan efek dari pandemi Covid-19 membuat masyarakat tidak bisa beraktifitas seperti biasanya, hingga membuat sektor UMKM juga terdampak cukup berat. Berbeda dengan krisis yang terjadi pada tahun 1998 dan 2008 dimana UMKM masih dapat cepat recovery economy ke level 4 – 5% pada saat itu.

Begitu pula berbeda dengan krisis finansial di tahun 2008, UMKM masih bisa sebagai penyanggah perekonomian.

“Nah sekarang tidak mudah bagi UMKM di Indonesia, namun Pemerintah segera merelokasi anggaran dan mencanangkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dimana fokus alokasinya untuk UMKM sekarang mulai terlihat efeknya UMKM yang mulai terbantu dengan program-program yang dicanangkan Pemerintah,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (25/2/2021).

baca juga:

Dia menuturkan pihaknya berfokus pada beberapa transformasi, diantaranya transformasi informal, transformasi digital, transformasi rantai pasok serta koperasi modern yang selaras dengan program warung pangan sebagai program yang dapat dijalankan ke depannya.

“Kami sangat senang dengan inisiatif BGR Logistics dengan Warung Pangan ini untuk memangkas rantai pasok yang panjang dan memulihkan UMKM di Indonesia,” imbuh Eddy.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur Mas Purnomo Hadi menyampaikan bahwa secara kuantitas UMKM di Jawa Timur berjumlah sekitar 9,78 Juta yang didominasi oleh usaha mikro dan sisanya merupakan usaha kecil hingga menengah besar. Selain itu, diimbangi koperasi berjumlah 22.450 unit koperasi dengan 40 persen bergerak di sektor riil yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pada sektor koperasi masih terdapat penambahan tenaga kerja, peningkatan omset, peningkatan asset karena sebagian besar melakukan kegiatan disektor keuangan. UMKM di Jawa Timur memang terdampak pada produksi, permodalan dan pasar, namun dengan program-program Pemerintah yang terus mendukung mereka, UMKM dapat segera terbantu.

Katanya, dengan sinergi program Warung Pangan untuk bangkitkan UMKM di Jawa Timur yang sejalan dengan tagline dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Jawa Timur Bangkit akan sangat bagus untuk bersama-sama membukakan pasar untuk UMKM di Jawa Timur.

“Saya berharap Warung Pangan ini sangat mendukung produsen UMKM dalam ketersediaan pasar bagi mereka. Harapan kedepannya bersama-sama dengan Kementerian Koperasi & UKM serta BGR Logistics dengan Warung Pangannya dapat menggeliatkan kemballi UMKM di Jawa Timur,” tutur Mas Purnomo Hadi.

Berita Terbaru