Puluhan Transpuan di Jabodetabek Dapat KTP, Ada yang Menanti Lebih dari 30 Tahun

NKRIKU.COM – Puluhan Transpuan domisili Jabodetabek direkam biometrik dan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara langsung, Rabu (2/6/2021), difasilitasi ruang khusus oleh Disdukcapil Tangerang Selatan.

Anggun Pradesha, salah satu relawan Kolektif INTAN (Inklusi Transpuan) yang ikut terlibat dalam advokasi sampai level Kemendagri mengaku terharu melihat momen tersebut.

Terlebih lagi, satu dari sekian transpuan itu dikabarkan tak pernah punya KTP lebih dari 30 tahun karena masalah keluarga.

Berita Populer  Ingin Ikut Penukaran Uang Rp 75 Ribu Edisi Kemerdekaan? Begini Caranya

“Aku luar biasa terharu. Aku sempat nangis saat menyaksikan di depan mataku seorang transpuan lansia yang lebih dari 30 tahun tidak memiliki KTP,” ungkapnya lewat Instagram, @Anggunpradesa, dikonfirmasi NKRIKU.COM, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga:
Sudah Hampir Jadi, Begini Kabar Pembangunan LRT Jabodebek

Anggun Pradesha mengatakan, transpuan yang tidak memiliki KTP kerap terkendala ketika mengurus dokumen-dokumen penting, salah satunya BPJS.

Berita Populer  Anies Koordinasi Bodetabek Jelang Jakarta PSBB Total

Puluhan transpuan Jabodetabek dapat KTP langsung tanpa syarat (Instagram/Anggunpradesa).Puluhan transpuan Jabodetabek dapat KTP langsung tanpa syarat (Instagram/Anggunpradesa).

“Yang selama ini jika sakit (transpuan) tidak dapat berobat menggunakan BPJS, hanya obat warung sebagai andalan,” kata Anggun.

Anggun Pradesha juga mengungkit kehidupan seorang transpuan muda yang puluhan tahun hidup tak punya tanda tangan.

Tak berhenti sampai di situ, bahkan Anggun menuturkan, ada pula seorang transpuan disabel yang sepanjang hidupnya tak memiliki KTP.

Berita Populer  Viral Kertas Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan, Warganet: Apa Itu Privasi?

“Pun saat melihat kegugupan seorang transpuan muda pendiam yang puluhan tahun hidupnya tak punya tanda tangan sehingga prosesnya berhenti sejenak sampai batinnya tenang,” kata Anggun.

Baca Juga:
Alamak! Warga Cianjur Resah, Perekaman KTP Libur di Hari Kerja

“Belum lagi transpuan disabel yang sepanjang hidupnya bahkan tak memiliki KTP dan hidup sebatang kara,” sambung dia.

Berita Terbaru