PUPR Beri DAK Rp2,1 Miliar untuk Bangun Pengelolaan Limbah di Solok Selatan

NKRIKU, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) senilai Rp2,1 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan dan pemukiman dan Lingkungan Hidup Solok Selatan, Alvino Sendra, Minggu (24/01/2021) mengatakan bahwa DAK untuk sanitasi dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat dan ada empat program termasuk kegiatan penunjang yang akan dilaksanakan guna penanggulangan kemiskinan.

Dia menjelaskan, program pertama yaitu SPALD terpusat pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan skala pemukiman di Nagari Pasir Talang Selatan dengan anggaran Rp500 juta.

baca juga:

Pembangunan baru IPAL skala pemukiman kombinasi mandi, cuci, kakus (MCK) dengan jumlah layanan minimal 25 kepala keluarga.

Selanjutnya program SPALD setempat pembangunan tangki septik skala komunal 5-10 kepala keluarga dengan anggaran Rp960 juta.

Pembangunan SPALD setempat disebar di tiga Nagari yaitu Lubuk Gadang Barat Kecamatan Sangir untuk enam tangki septik dengan anggaran Rp360 juta.

Selanjutnya di Nagari Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari dan Bomas Kecamatan Sungai Pagu masing-masing lima tangki septik dab biaya masing-masing Rp30 juta.

Terakhir untuk penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di Nagari Alam Pauah Duo Kecamatan Pauh Duo dengan anggaran Rp625,9 juta.

Komponen yang akan dibangun untuk pengelolaan sampah yaitu rempat pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R), alat sortir sampah dan alat komposting masing-masing satu unit serta motor sampah dua unit.

Kemudian untuk kegiatan penunjang besaran anggarannya Rp109,7 juta berupa jasa pendamping atau fasilitator Rp84 juta, perjalanan dinas Rp18 juta dan kegiatan review oleh inspektorat Provinsi Rp7,5 juta.[]

Berita Terbaru