Rabu Pon Besok akan Ada Reshuffle Kabinet? PPP: Hanya Jokowi dan Allah yang Tahu

NKRIKU.COM – Keterkaitan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan hari Rabu Pon kerap dikait-kaitkan dengan isu perombakan kabinet atau reshuffle. Padahal, Rabu (8/12/2021) bertepatan dengan hari pasaran Pon. Apakah presiden akan melakukan perombakan kabinet? Pun hingga kini masih jadi pertanyaan.

Merespon fenomena tersebut, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, dirinya tidak bisa menjawab sebagai bagian koalisi partai politik pemerintah. Menurutnya, hanya Jokowi pribadi yang mengetahui soal rencana tersebut.

“Tapi soal waktu, apakah besok, apakah Rabu Pon akan terjadi reshuffle atau enggak, saya kira yang tahu hanya Pak Jokowi dan Allah SWT saja,” kata Arsul ditemui di Kawasan Jakarta Pusat, Selasa (7/12/2021).

Berita Populer  Jokowi Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-74, Panglima TNI dan Prabowo Ikut Hadir

Menurutnya, partai-partai politik koalisi pemerintahan telah menyerahkan sepenuhnya terkait perombakan kabinet kepada Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. Ia keputusan untuk reshuffle itu merupakan hak prerogratif presiden.

Baca Juga:
Dianggap Banyak Bikin Kontroversi, Menteri Risma Disebut Layak Di-reshuffle

“Itu menyerahkan sepenuhnya kepada presiden. Karena memang itu hak prerogratifnya presiden,” ungkapnya.

Kendati begitu, Arsul mengatakan, jika bicara soal kebiasaan, Jokowi sejak periode lalu jika ingin reshuffle menteri dari partai pasti akan melakukan pembicaraan. Jokowi melakukan hal itu agar tetap menjaga hubungan baik.

Berita Populer  Nasdem Minta Jokowi Turun Tangan, Tengahi Kisruh Vaksin Nusantara

“Reshuffle itu nanti terkaut dengan katakan lah penggantian dari partai politik gitu ya atau terkait dengan pergeseran posisi portofolio dari misalnya daru partai pokitik ya biasanya diberi tahu diajak bicara itu kebiasaan-kebiasaan yang lalu karena pak Jokowi kita lihat orang yang presiden yang sangat memperhatikan hubungan yang kondusif dengan parpol koalisi pendukungnya itu yang kami rasakan,” katanya.

Berita Populer  Jokowi Ungkap Masalah Lahan dalam Proyek Food Estate

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, mengaku baru mendengar isu Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada 8 Desember 2021.

Mengenai hal itu, PAN sendiri dalam posisi siap jika diminta untuk mengisi kursi di Kabinet.

Baca Juga:
Reshuffle Diperkirakan Menyasar Menteri Non-Parpol, Posisi Nadiem Makarim Terancam

“Saya dengar juga isunya begitu, katanya sih (8 Desember). Tapi kan itu hak prerogatif Pak Jokowi,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Berita Terbaru