Ramai Soal Puting Beliung di Atas Waduk Gajah Mungkur, Ini Penjelasan BMKG

NKRIKU, Semarang – Waduk Gajah Mungkur dan Wonogiri masuk dalam kata kunci yang trending di media sosial Twitter pada Rabu malam, 20 Januari 2021. Tak sedikit dari warganet menduga video pendek yang beredar itu adalah puting beliung di atas permukaan waduk.

Berita Populer  Apes! Terima Pesanan dari Mantan, Dikasih Gratis Malah Dapat Bintang Satu!

Hingga berita ini ditayangkan, tercatat ada 8.927 cuitan terkait Wonogiri. Sementara, 6.480 cuitan membahas soal Waduk Gajah Mungkur.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Satmoko menjelaskan, sebetulnya yang terjadi di waduk tersebut adalah waterspout. Waterspout bisa terjadi di permukaan air, seperti danau atau laut.

Berita Populer  Momen Nenek-nenek Dibantu Nyeberang Jalan, Ujungnya Tak Terduga

Iis menyebutkan waterspout terhubung dengan sejumlah awan, seperti Cumulus Vongestus, Cumuliform, dan Cumulonimbus. “Analisa sementara, dinamika atmosfer menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di selatan Indonesia yang memicu belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah,” katanya.

Berita Populer  Setelah Awan Tsunami, Siklon Samudera Hindia Ancam Beri Cuaca Ekstrem ke Aceh

Hal ini, menurut Iis, didukung dengan massa udara yang labil serta kelembapan yang cukup tinggi, dari bawah hingga atas. Selain itu, ada fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) aktif, tetapi tidak cukup berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan.

Berita Terbaru