Ratusan Warga Ciracas Tak Punya Septic Tank, ini Septic Tank Standardisasi SNI

NKRIKU, Jakarta – Septic tank merupakan salah satu aspek penting di dalam sebuah rumah. Namun ratusan warga Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, belum memiliki septic tank dan masih membuang limbah tinja ke kali. Mengutip dari Tempo.co edisi 23 November 2021,  Camat Ciracas Mamad menduga tindakan itu dilakukan karena faktor kebiasaaan karena malas membangun septic tank.

Pembuatan septic tank bukanlah hal yang sulit mengingat hal ini merupakan salah satu hal yang krusial untuk diri sendiri maupun lingkungan. Sebelum membuat septic tank, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aman. Berikut yang harus diperhatikan dilansir dari 99.co:

Ukuran septic tank
Ukuran yang terlalu kecil pada septic tank akan berdampak pada daya tampung menjadi lebih cepat penuh. Hal ini akan menyebabkan mampet pada toilet dan menjadi lebih sering untuk menggunakan jasa sedot WC berulang kali.

Berita Populer  Begini Efek Domino bila Jakarta Tenggelam

Kekokohan septic tank
Sebelum membuat septic tank, sebaiknya yang perlu diperhatikan juga adalah kekokohan septic tank yaitu dengan menggunakan material yang benar. Berdasarkan SNI, bangunan tangki harus kuat, tahan terhadap asam, dan kedap air. Artinya, tidak boleh ada rembesan yang keluar dari tangki.

Mengutip dari jurnal IPB, bahan yang diperbolehkan untuk digunakan untuk membuat penutup dan pipa penyalur air limbah yaitu batu kali, bata merah, batako, beton bertulang, beton tanpa tulang, PVC, keramik, pelat besi, plastik, dan besi. 

Berita Populer  Chevron IndoAsia Business Unit Tunjuk Managing Director Baru

Membuat jarak dengan sumur
Untuk membuat septic tank sebaiknya dibangun agak berjauhan dengan sumber air atau sumur. Hal ini berfungsi agar air tidak mudah tercemar yang akan menyebabkan sumber penyakit.

Septic tank berstandar SNI perlu diperhatikan dari desain ukuran, material untuk wadah hingga jarak aman septic tank dengan sumber air. Ukuran ideal untuk pembuatan septic tank yaitu dengan tinggi 1,5 m, lebar 1 m serta panjang 1 m.

SNI: 03-2398-2002 yang dikeluarkan Departemen PU didalamnya mengatur prosedur pembangunan septic tank meliputi jarak septic tank dan bidang resapan ke bangunan adalah 1,5 m, jarak ke sumur air bersih adalah 10 m dan 5 m untuk sumur resapan air hujan

Berita Populer  Sering Bikin Toilet Tersumbat, Inggris Bakal Tarik Tisu Basah dari Pasaran

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah ukuran septic tank yang akan dipasang harus sesuai dengan jumlah orang di dalam rumah serta jumlah kloset yang dipakai.

VALMAI ALZENA KARLA 

Baca: Ratusan Rumah di Ciracas Tak Punya Septic Tank, Camat: Kebiasaan Turun Temurun

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Terbaru