Rawan Tertular Covid-19, PDIP Minta Warga Banjir jadi Prioritas Vaksinasi

NKRIKU.COM – Anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak meminta agar para korban banjir menjadi prioritas penerima vaksin Covid-19. Sebab, mereka dinilai rentan tertular virus yang awalnya ditemukan di China itu.

Menurut Gilbert, Gubernur Anies Baswedan harus memerhatikan penanganan banjir di tengah pandemi Covid-19. Protokol kesehatan seperti menggunakan masker tetap harus ditetapkan meski di tempat pengungsian.

Berita Populer  PDIP Beri Djarot Kewenangan di Pilkada Sumut, Termasuk Bobby

“Sebaiknya masyarakat yang terkena banjir diberi masker tambahan, dilakukan pengawasan agar tertib mengikuti prokes dan diberi prioritas vaksinasi sesuai kondisi mendesak karena banjir ini,” ujar Gilbert kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Menurut Gilbert, kondisi para korban banjir di tempat pengungsian memang menyulitkan mereka menerapkan protokol kesehatan. Misalnya tak punya masker, harus berkerumun, dan kurangnya fasilitas sanitasi.

Berita Populer  Mengukur Kedewasaan Politik PDIP dalam Insiden Bakar Bendera

Baca Juga:
Keputusan Sepihak, DPRD DKI Syok Anies Mendadak Copot Kadis SDA Juaini

“Mungkin karena basah, stok tidak ada terkena banjir, tidak terpikir lagi dan kemungkinan lain. Kondisi ini, ditambah masyarakat yang mengungsi atau berkerumun suit dihindari,” jelasnya.

Berita Populer  Klaim Bebas Banjir, Ibu-ibu di Cipinang Melayu: Anies Jangan Ngomong Doang!

Karena itu, Gilbert menilai Anies harus tetap memantau pelaksanaan protokol kesehatan bagi para korban banjir. Jika tidak, maka angka penularan Covid-19 akan membludak dalam waktu dekat.

“Untuk mencegah adanya kenaikan kasus, prosedur 3T tidak menjadi pilihan utama, tetapi langsung ke 3M karena lebih menyelesaikan masalah,” pungkasnya.

Berita Terbaru