RI Bakal Terima Gratis 16-100 Juta Vaksin Gratis Bill Gates


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia akan mendapat bantuan jutaan dosis vaksin Covid-19 dari yayasan internasional Gavi, The Vaccine Alliance.

Gavi adalah organisasi internasional yang menyediakan vaksin untuk anak-anak di negara miskin. Gavi didirikan pada 2000 silam dengan pendanaan organisasi internasional. Bill & Melinda Gates Foundation saat itu menyuntik US$750 juta untuk pendirian Gavi.

Berita Populer  Ya Tuhan! Ada Tenaga Medis Tumbang karena Overdosis Vaksin Corona

Bill Gates dikenal sebagai seorang teknokrat asal Amerika Serikat yang mendirikan Microsoft. Pada tahun 2000, Bill Gates memutuskan mundur dari posisi CEO Microsoft.

“Angkanya masih bergerak-gerak berapa dosis yang bisa diberikan ke Indonesia, tapi range-nya 3 persen dari populasi atau 16 juta dosis sampai 20 persen dari populasi atau 100 juta dosis,” ujar Budi dalam jumpa pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12).

Berita Populer  AstraZeneca Akuisisi Perusahaan AS Rp546 Triliun

Budi menyampaikan rencana sumbangan vaksin gratis dari Gavi belum final. Alhasil, pemerintah menyiapkan rencana cadangan.

Indonesia memesan 100 juta dosis vaksin dari BioNTech-Pfizer, perusahaan gabungan Jerman dan Amerika Serikat. Sebanyak 50 juta dosis di antaranya adalah opsi pembelian.

“Kalau ada kepastian dari pengadaan vaksin dari Gavi yang gratis, kita tidak usah ambil dari mereka (Pfizer),” ujar Budi Gunadi.

Berita Populer  Perjalanan Sinovac dari China ke Indonesia Hingga Terbit EUA

Untuk diketahui, Indonesia akan melakukan vaksinasi terhadap 181 juta orang guna mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Sètiap orang akan disuntik dua dosis vaksin Covid-19.

Indonesia memboyong 426 juta dosis vaksin dari 4 perusahaan internasional. Sebanyak 15 persen di antaranya akan dijadikan cadangan sesuai standar WHO.

(dhf/ain)

[Gambas:Video NKRIKU]

Berita Terbaru