Rilis 30 November, Chip Baru Qualcomm Gunakan Nama Snapdragon 8 Gen1

NKRIKU, Jakarta – Tahun lalu di bulan Desember, Qualcomm mengumumkan chip smartphone andalannya, Snapdragon 888. Pengganti chip ini akan diumumkan pada 30 November 2021 dalam acara Snapdragon Tech Summit.

Spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa penerus Snapdragon 888 itu bakal disebut sebagai Snapdragon 898. Namun, minggu lalu terungkap bahwa Qualcomm mungkin menggunakan nama yang berbeda untuk andalan terbarunya itu.

“Nama chip Snapdragon seri 8 berikutnya akan memiliki nomor seri dan nomor generasi satu digit, yang berarti dinamai Snapdragon 8 Gen1,” kata produsen chip asal Amerika Serikat itu, Senin, 22 November 2021.

Berita Populer  iPhone Pasang Kamera Periskop pada 2022, Dipasok Perusahaan Korea

Qualcomm percaya bahwa struktur penamaan baru yang disederhanakan dan konsisten untuk platform selulernya akan memudahkan pelanggannya menemukan dan memilih perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon. Oleh karena itu, perusahaan akan beralih ke skema penamaan baru untuk chipset lain yang sekarang disebut Snapdragon 695, Snapdragon 480+, dan seterusnya.

Berita Populer  Pre Launch Hari Ini, OPPO Reno 4 Bisa Sembunyikan Pesan dari Non Pemilik

Kemungkinan chip Qualcomm dengan performa di bawah Snapdragon 8 Gen1 akan disebut sebagai Snapdragon 7 Gen1, Snapdragon 6 Gen1, dan seterusnya. Saat ini, tidak ada konfirmasi resmi tentang informasi mengenai hal ini. 

Qualcomm juga mengatakan akan menggunakan lencana berwarna di logo chipnya. Ini akan membantu pengguna untuk membedakan chip unggulan dengan chip berdaya rendah. Perusahaan akan menggunakan lencana Emas untuk chip tingkat atas, sedangkan Midnight, Gunmetal, Nickel, dan Red akan digunakan untuk chipset lainnya. 

Berita Populer  iQOO 5 dan 5 Pro Resmi Dirilis, Hadirkan Layar 120Hz dengan Fast Charging 120W!

Xiaomi, Motorola, Lenovo, Oppo, Samsung, dan Huawei adalah kelompok pertama perusahaan yang akan meluncurkan ponsel dengan chip Snapdragon 8 Gen1. Mungkin, Xiaomi 12 dan Motorola Edge X bisa benar-benar menjadi ponsel pertama yang digerakkan oleh chip baru itu.

GIZMOCHINA | GSM ARENA

Baca:
Snapdragon 898 Bakal Meluncur pada 30 November? 

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Terbaru