by

Rp 141 M untuk Lebarkan Jalan di Depan Sirkuit Mandalika Menjelang MotoGP

Pasang

NKRIKU, Jakarta – Bupati Lombok Tengah, H L Pathul Bahri mengatakan jalan raya di depan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan dibangun empat lajur seperti jalan Bypass Mataram-Bandara Internasional Lombok.

“Pelebaran jalan menjadi empat lajur ini untuk mendukung ajang MotoGP Sirkuit Mandalika yang digelar pada Maret 2022,” kata Bupati di Praya, Selasa, 11 Januari 2022.

Pembangunan pelebaran jalan dari Bundaran Songgong menuju Masjid Nurul Bilad atau depan Sirkuit Mandalika tersebut dengan panjang 5,6 kilometer dan dibagi menjadi tiga segmen.

“Prioritas pembangunan penunjang jalan menuju Sirkuit Mandalika yang akan dikerjakan saat ini di segmen dua depan pintu masuk Sirkuit Mandalika sepanjang 1,65 kilometer akan dibangun menjadi empat lajur. Target proyek pembangunan jalan itu tuntas sebelum ajang MotoGP pada Maret 2022,” katanya.

Sementara itu, sisa penanganan untuk segmen satu dari Bundaran Triputri menuju Masjid Nurul Bilad dengan panjang 1,85 kilometer dan segmen tiga dari Bundaran Songgong jalan bypass Mandalika sampai depan Sirkuit Mandalika sepanjang 2 kilometer akan dilakukan setelah ajang MotoGP Mandalika digelar.

“Pelebaran jalan di segmen satu dan dua itu hanya akan dilakukan land clearing, sehingga arus lalu lintas tetap menggunakan dua lajur,” katanya.

Bupati juga menekankan kepada semua kepala organisasi perangkat daerah dan kepala desa untuk bersama-sama mendukung proyek pembangunan peningkatan infrastruktur penunjang Sirkuit Mandalika tersebut.

“Semua anggaran dan pengerjaan jalan tersebut ditangani langsung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika tersebut Rp 141 miliar,” katanya.

ANTARA

Baca: BPOM Rilis Izin 5 Vaksin Booster, Bagaimana Perbandingan Efikasinya?

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.