Rusuh, Protes Besar ‘Serbu’ Berlin Jerman

NKRIKU – Warga Jerman melakukan protes melalui aksi demonstrasi di Berlin selama akhir pekan kemarin. protes tersebut terkait penolakan mereka terhadap kebijakan pembatasan sosial yang dicetuskan pemerintah untuk mencegah penularan covid 19. Pasalnya, warga menilai pandemi Corona hanyalah konspirasi.

dalam aksi tersebut setidaknya ada 45 petugas polisi yang terluka akibat pecahan kaca ketika berusaha membubarkan kerumunan massa.

“Tiga petugas dilarikan di rumah sakit,” kata polisi setempat dikutip dari AFP, Minggu (2/8/2020).

Sekitar  20.000 orang ikut serta dalam aksi protes tersebut tanpa memperhatikan jarak sosial 1,5 m dan kebanyakan dari mereka tidak menggunakan masker.

“Kami adalah gelombang kedua,” teriak salah satu kelompok pendemo seraya melontarkan kata perlawanan.

Beberapa kelompok massa memadati Gerbang Brandenburg. Sejurus kemudian polisi membubarkan kerumunan mereka pada Minggu (2/8/2020).

Sementara itu, Pada Sabtu (1/8/2020), sebanyak 133 orang telah ditangkap selama protes berlangsung. penangkapan tersebut lantaran mereka melawan pihak kepolisian menggunakan simbol-simbol inkonstitusional dan melanggar demonstrasi damai.

Berdasarkan data Worldometers, Jerman mencatat 211.463 orang telah terinfeksi Covid-19. 9.226 orang meninggal dan 193.600 sembuh.[afp/brz/nu]

Berita Terbaru