Sandiaga Mau Cek Proyek ‘Jurassic Park’ yang Sempat Viral


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan meninjau proyek ‘Jurassic Park’ di Taman Nasional Komodo (TNK), Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencananya, ia juga ingin melihat seperti apa kawasan yang sempat viral karena foto komodo menghalau sebuah truk.

“Nanti akan liat dan foto viral komodo yang di Labuan Bajo akan kita lihat secara komprehensif,” ucapnya dalam rapat komisi X DPR, Kamis (14/1).

Berita Populer  Sandiaga Uno Kunjungi Kantor Prabowo

Sandiaga mengatakan, rencananya ia akan menyambangi beberapa tempat pariwisata dalam waktu dekat. Untuk besok, ia dijadwalkan akan meninjau pembangunan infrastruktur pariwisata di Mandalika.

“Likupang rencananya akhir bulan ini saya ke sana. Borobudur bulan depan, rencananya bulan ini tapi karena ada PKMM kami tunda,” imbuhnya.

Seperti diketahui proyek ‘Jurassic Park’ atau Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, NTT sempat ramai jadi perbincangan di media sosial usai muncul foto seekor komodo yang menghalau laju sebuah truk.

Berita Populer  Sandiaga Uno Doyan Infused Water: Buatan Bos Nur Asia, Doanya Jangan Genit

Penolakan atas proyek tersebut pun menjadi topik terpopuler di Twitter dengan tagar #savekomodo. Beberapa kalangan menganggap proyek tersebut akan merusak habitat asli komodo, menyingkirkan penduduk setempat dan dilakukan hanya demi kepentingan investasi.

Berita Populer  Cara Bupati Timor Tengah Utara Menyulap Bukit Batu Jadi Kebun Tani Organik

Meski demikian, proyek tersebut sebenarnya bukan rencana yang baru dimulai di era pemerintahan Joko Widodo, melainkan sudah berlangsung sejak lama, yakni sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.48/Menhut-II/2010 tentang izin pengusahaan pariwisata alam di suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya dan taman wisata alam.

[Gambas:Video NKRIKU]

(hrf/sfr)

Berita Terbaru