Sandiaga: Pak Jokowi Minta Harga PCR Rp 300 Ribu

NKRIKU, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta harga batas atas tes PCR turun menjadi Rp 300 ribu. Permintaan itu disampaikan dalam rapat terbatas bersama para menteri, Senin, 25 Oktober 2021.

“Pak Presiden langsung menerima masukan yang tajam dari media sosial. Pak Presiden merespons, meminta agar haga batas atas PCR menjadi Rp 300 ribu. Ini respons yang disampaikan oleh pemerintah atas masukan dari masyarakat,” ujar Sandiaga dalam press briefing, Senin, 25 Oktober 2021.

Berita Populer  Sandiaga Cerita Ditelepon Luhut saat Hari Libur Bahas Visa Turis Jangka Panjang

Sebelumnya pemerintah menetapkan harga batas atas tes PCR sebesar Rp 495 ribu untuk wilayah Jawa dan Bali. Sedangkan di luar Jawa dan Bali, harga batas atas tes swab senilai Rp 550 ribu.

Tes Covid-19 ini menjadi sorotan setelah pemerintah mewajibkan penumpang pesawat rute intra-Jawa dan Bali mengantongi hasil PCR. Sandiaga mengatakan pemerintah akan memberikan relaksasi ihwal batas waktu tes PCR yang semula 2×24 jam menjadi 3×24 jam.

Berita Populer  Edwin Soeryadjaya Borong 15,83 Juta Lembar Saham Saratoga

“Mudah-mudahan ini sedikit meringankan beban dari pelaku perjalanan,” tutur Sandiaga.

Penetapan tes PCR, kata Sandiaga, telah mempertimbangkan masukan dari pelbagai epidemiolog. Pemerintah ingin mengantisipasi terjadinya gelombang Covid-19 ketiga yang dimungkinkan terjadi pada masa liburan akhir tahun.  

Namun ia mengakui kebijakan tes itu berdampak besar bagi industri pariwisata. Ia mengatakan pelaku usaha wisata kembali menghadapi kondisi berat. Padahal sebelumnya, industri ini mulai bergerak menuju pemulihan.

Berita Populer  Sandiaga Uno: Kontribusi Turis Lokal Bagi Perekonomian Lebih Bernilai Dibanding Wisman

Bahkan, tingkat kunjungan turun 20-30 persen akibat kebijakan itu. “Padahal kami lagi mencoba meningkatkan pariwisata dan Bali tembus 10-11 ribu wisatawan domestik, yang berkunjung setiap hari,” kata Sandiaga.

BACA: Di Pesawat Menuju Sorong, Sandiaga Tak Sengaja Ketemu Ahok

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Berita Terbaru