Sandiaga Uno Sebut Vaksinasi Bisa Jadi Game Changer untuk Sektor Pariwisata

NKRIKU, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan program vaksinasi Covid-19 bisa menjadi game changer alias pengubah permainan dalam memulihkan ekonomi akibat pandemi. Penyuntikan vaksin perdana telah dimulai pada Rabu, 13 Januari 2021, dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai penerimanya.

Berita Populer  Wakil Menteri Baru Juga Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Herindra hingga Pahala Mansury

“Vaksinasi adalah harapan baru, game changer, agar perekonomian Indonesia khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kembali normal,” kata Sandiaga dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis, 14 Januari 2021, seperti ditayangkan melalui YouTube resmi Parlemen.

Meski vaksinasi telah dimulai, Sandiaga mengatakan Kementerian akan tetap memonitor pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh destinasi wisata untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, vaksinasi bukan satu-satunya faktor yang dapat menurunkan angka kasus positif virus corona.

Berita Populer  New Normal, Ini Ketentuan Operasional Mal hingga Tempat Hiburan

Seperti program yang sudah dilaksanakan, Kementerian masih terus memberlakukan sertifikasi CHSE atau cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainibility (kelestarian lingkungan). “Prinsip utama adalah keselamatan kesehatan,” ujarnya.

Berita Populer  Jokowi: Pancasila Bintang Penjuru di Tengah Pandemi Covid-19

Sandiaga telah mendesain fase pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif jangka pendek dan jangka menengah-panjang yang akan ditempuh sampai 2024. Fase jangka pendek adalah modal awal kebangkitan sektor pariwisata untuk memulihkan kondisi dari pandemi Covid-19.

Berita Terbaru