Santer Isu Reshuffle, PAN Bakal Isi Jabatan Menteri Baru di Kabinet Jokowi?

NKRIKU.COM – Isu reshuffle kabinet santer terhembus usai DPR RI menyatakan setuju untuk melebur Kemenristek ke Kemendikbud dan membentuk Kementerian Investasi.

Reshuffle tersebut juga santer disebut untuk mengakomodasi Partai Amanat Nasional (PAN) yang diisukan merapat ke pemerintahan Joko Widodo.

“Reshuffle itu dilakukan karena ada penggabungan dua kementerian. Dan adanya kementerian investasi, sebagai konsekuensi dari dinaikannya BKPM menjadi Kementerian investasi. Dan juga bisa juga karena akan masuknya PAN ke koalisi Jokowi,” kata Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin saat dihubungi NKRIKU.COM, Jumat (16/4/2021).

Berita Populer  Jokowi resmikan jalan tol Manado-Danowudu

Ujang menyebut, jika PAN nantinya memang benar merapat bisa saja diakomodir untuk mengisi kursi kementrian hasil peleburan tersebut.

Baca Juga:
Resmi! Istana Bicara Kepastian Jokowi Reshuffle Kabinet

“Tujuannya mengisi formasi dari penggabungan dan kenaikan kelas BKPM menjadi kementerian investasi, mengakomodir PAN, atau bisa juga akan mengganti menteri yang tak cakap bekerja,” tuturnya.

Berita Populer  Jokowi Singgung Reshuffle, PAN Enggan Spekulasi Masuk Kabinet

Lebih lanjut, Ujang menerka jika dilakukan reshuffle kali ini tidak akan sampai merombak secara besar-besaran. Namun, Ujang mengaku tak setuju jika reshuffle dilakukan untuk bagi-bagi jabatan.

“Jangan sampai reshuffle tuk bagi-bagi  jabatan. Tapi bagaimana reshuffle dilakukan untuk mengganti menteri-menteri yang tak progresif,” tandasnya.

Berita Populer  Teddy Gusnaidi: Terus Terang, Saya Sudah Mengharamkan Fatwa MUI

Jokowi Bakal Lantik Menteri Baru

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Ali Mochtar Ngabalin membeberkan kisi-kisi menteri baru yang akan dilantik Jokowi. Ali Ngabalin membocorkan dua kisi-kisi menteri baru yang nantinya akan dilantik oleh Jokowi.

Baca Juga:
Isu Reshuffle, Komisi X: Tak Ada Relevansi Copot Nadiem dari Mendikbud

Hal tersebut dibeberkan melalui akun Twitter pribadinya @AliNgabalinNew, Rabu (14/4/2021).

Berita Terbaru