Satgas Covid-19 Tegur Sumatera Barat dan Bengkulu Belum Punya Tempat Isolasi

NKRIKU.COM – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegur Provinsi Sumatera Barat dan Bengkulu yang belum memiliki tempat isolasi terpusat untuk menampung pasien corona. Kedua provinsi itu diminta untuk segera membangun tempat layak untuk isolasi mandiri.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan sejak pandemi melanda, kedua provinsi ini tidak pernah mendirikan tempat isolasi terpusat.

Berita Populer  Transformasi Digital Jadi Solusi Majukan UMKM

“Diharapkan bagi pemerintah daerah per 7 September yang belum memiliki fasilitas isolasi terpusat seperti Sumatera Barat dan Bengkulu untuk segera gunakan APBD dan pengadaan fasilitas isolasi terpusat,” kata Wiku saat jumpa pers, Jumat (10/9/2021).

Dia meminta semua pemerintah daerah melakukan tracing untuk memastikan setiap pasien Covid-19 mendapatkan tempat isolasi yang layak.

Baca Juga:
Asuransi Astra Berikan Apresiasi Kepada 2.500 Relawan Nakes Satgas COVID-19

Berita Populer  Cerita Wali Kota Bogor Kaget Disangka Pura-pura Kena Covid-19

“Mohon evaluasi apakah kasus positif yang ada sudah benar-benar dimigrasi ke fasilitas isolasi terpusat,” tegasnya.

Dalam catatan Satgas, secara umum tempat isolasi terpusat di daerah hanya terisi 30-40 persen pasien Covid-19.

“Tergolong rendah dan cukup terkendali antara 30-40 persen, seperti di Lampung, Banten, NTT, Kalimantan Selatan, dan Papua,” bebernya.

Namun masih ada beberapa provinsi dengan tingkat keterpakaian tempat tidur di tempat isolasi terpusat yang lebih dari 70 persen seperti di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara.

Berita Populer  Besok Lebaran, Positif Covid Indonesia Hari Ini Tambah 4.608 Jadi 1.728.204

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.158.731 orang Indonesia, kini masih terdapat 118.534 kasus aktif, 3.901.766 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 138.431 jiwa meninggal dunia.

Baca Juga:
Data Covid-19 Tidak Sinkron, Satgas Minta Semua Daerah Tiru Depok

Berita Terbaru