Satgas Sebut Positivity Rate Covid-19 Indonesia Capai 4,9 Persen, Sesuai Standar Aman WHO

NKRIKU.COM – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan angka laju penularan atau tes positivity rate secara nasional sudah di bawah batas aman Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah membeberkan selama 14 hari awal di September 2021 angka positivity rate nasional sebesar 4,92 persen.

Berita Populer  Mahfud Sentil Ponpes Tak Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

“Di bulan September ini berhasil di bawah 5 persen standar WHO, jadi standar WHO apakah pandemi terkendali atau tidak dengan target positivity rate di bawah 5 persen,” kata Dewi dalam diskusi virtual, Rabu (15/9/2021).

Dewi berharap angka ini bisa terus bertahan atau terus menurun hingga akhir September dan bulan-bulan selanjutnya.

Baca Juga:
Memahami Dana Darurat, Berapa Nominal Ideal Antisipasi PHK Saat Pandemi

Berita Populer  Polda Metro: 6.901 Pelanggaran PSBB Corona, Terbanyak Tak Gunakan Masker

“Selama 14 hari berjalan, memang kita lihat cukup stabil, positivity ratenya di angka 4,92 persen, kalau sebulan ini selalu di bawha 5 persen ini berarti menunjukkan pengendalian pandemi jauh lebih baik dibanding bulan sebelumnya,” ucapnya.

Berdasarkan catatan ini, Indonesia untuk pertama kalinya berhasil mencapai angka positivity rate di bawah standar aman WHO.

Cara menghitung positivity rate yakni dengan membagi antara jumlah total kasus positif harian dengan jumlah orang diperiksa melalui tes PCR dan antigen, lalu dikalikan 100.

Berita Populer  Terpapar Corona, Perawat RSUD AWS Samarinda Meninggal Dunia

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.178.164 orang Indonesia, kini masih terdapat 84.963 kasus aktif, 3.953.519 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 139.682 jiwa meninggal dunia.

Baca Juga:
Covid-19 Tak Kunjung Hilang, Menilik Strategi Transisi Menuju Endemi

Berita Terbaru