by

SEGERA CEK NIK di Sini, Langsung Dapat Bansos KIS PBI 2023 Senilai Rp600 Ribu

Pasang

NKRIku.com – Bantuan Sosial Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI 2023 bisa langsung disalurkan hanya dengan mengecek nomor Induk Keluarga (NIK).

Bantuan sebesar Rp600 ribu itu langsung ducairkan dan disalurkan bagi siapapun yang melakukan cek NIK sesuai dengan ketentuan dan syarat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Berbagai bantuan akan disalurkan pemerintah memiliki persyaratan utama pengecekan NIK sebagai syarat, BSU, BLT, BNPT, BSA, Kartu Prakerja, dan lainnya.

Bansos KIS PBI 2023, diberikan untuk para pemilik Kartu BPJS Kesehatan PBI, yang masuk golongan fakir miskin atau orang tidak mampu.

Selain itu, bansos lain juga akan diberikan bagi masyarakat khususnya pemilik KIS PBI 2023 yang memiliki NIK sesuai aturan pemerintah.

Pengecekan NIK bisa dilakukan melalui dua cara, baij offline maupun online.

Pemilik KIS PBI 2023 bisa mengecek NIK secara online melalui situs resmi Disdukcapil kabupaten/kota.

Setelah situs terbukan pilih lokasi wilayah dan akses alamat di google atau sosial media resmi Instagram Disdukcapil atau bisa juga melalui email.

Atau, pemilik KIS PBI bisa melalukan cek NIK dengan cara mendatangi langsung kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) sesuai dengan KTP dan yang terdaftar di nomor kartu keluarga yang masih berlaku.

Adapun berkas yang harus dibawa berupa KK asli, KTP, surat pendukung dari RT ataupun lurah, akta kelahiran dan berkas lainnya.

Pengecekan NIK juga dimaksud untuk mengetahui apakah pemegang KIS PBI tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Agar bisa memiliki peluang yang cukup besar dalam proses penyaluran bansos 2023.

Sistem DTKS Kemensos saat ini dijadikan sebagai data acuan dalam program penanganan masyarakat kurang mampu dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Hal ini berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2011 dan Permensos Nomor 3 Tahun 2021, semua program bantuan dan pemberdayaan pemerintah dalam rangka penanganan masyarakat kurang mampu harus berdasarkan sistem DTKS Kemensos.

Adapun cara lengkap melakukan pendaftaran DTKS, dilakukan melalui aplikasi resmi yang dapat diundug melalui Play Store maupun App Store.

  • Unduh aplikasi Cek bansos
  • Pilih menu registrasi untuk membuat akun baru.
  • Pilih login akun dan unggah foto selfi bersama KTP
  • Isi data diri dengan lengkap dan benar sesuai.
  • Selanjutnya pilih daftar usulan dan klik tambah usulan.
  • Tunggu proses verifikasi dan validasi oleh Kemensos.

Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui desa atau kelurahan setempat. Dengan membawa persyaratan dokumen lengkap.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Segera Cek NIK di Sini, Langsung Dapat Bansos KIS PBI 2023 Senilai Rp600 Ribu