Sejarah Nuzulul Quran dan Keutamaannya

NKRIKU.COM – Nuzulul Quran merupakan suatu peristiwa turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada malam ke 17 di bulan Ramadhan. Berikut ini sejarah Nuzulul Quran.

Tahun ini, malam Nuzulul Quran atau malam 17 Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 29 April 2021 menurut perhitungan kalender Masehi. Nuzulul Quran diperingati setiap tahun pada hari ke- 17 di bulan suci Ramadhan oleh umat muslim.

Berita Populer  Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar, Sudah Tahu?

Peringatan Nuzulul Quran yang dilakukan oleh umat muslim untuk menghayati serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran di kehidupan sehari-hari. 

Terlebih lagi, Nuzulul Quran erat hubungannya dengan Lailatul Qadar, yaitu malam penuh kemuliaan dan berkah pada bulan Ramadhan. Lalu, bagaimana sejarah Nuzulul Quran? Simak berikut ini penjelasannya.

Baca Juga:
Apa Itu Nuzulul Quran? Ini Penjelasan Singkatnya

Sejarah Nuzulul Quran

Nuzulul Quran yaitu suatu peristiwa turunnya Alquran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu kepada Rasulullah SAW saat beliau tengah berada di Goa Hira.

Berita Populer  Aturan Buka Bersama dan Sahur on The Road 2021 saat Pandemi

Adapun wahyu yang turun yaitu Surat Al Alaq (ayat 1-5). Lalu, Allah SWT kembali menurun wahyu tiga tahun setelahnya melalui Surat An Nashr. 

Perlu diketahui, urutan surat dalam Alquran yang kita tahu saat ini bukan berdasarkan urutan penurunannya. Turunnya Alquran sebagai wahyu  kepada Rasulullah SAW sesuai dengan kondisi yang terjadi pada masa itu.

Berita Populer  Jadwal Nuzulul Quran 2021 dan Peristiwa Penting Lain di 17 Ramadhan

Allah SWT menurunkan ayat-ayat Alquran di Madinah dan Makkah. Itulah mengapa, surat-surat dalam Alquran terbagi dua golongan, yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah. 

Baca Juga:
Sholat Subuh: Niat, Tata Cara, Keutamaan dan Doa Setelah Shalat Subuh

Periode turunnya ayat golongan Makkiyah berlangsung 9 tahun, dan golongan surat Madaniyah berlangsung 10 tahun. Seiring proses penurunan wahyu tersebut, Nabi Muhammad SAW secara perlahan memperkenalkan juga agama Islam. 

Berita Terbaru