oleh

Sekolah Hibridah Barru Buka Kelas Geologi Lingkungan

Barru, nkriku.com – Sukses setelah dua tahun membina kelas ekosistem pesisir yang sering dilaksanakan di Hutan Mangrove pantai Loje, sejak tanggal 12 November 2017, kali ini Sekolah Hibridah Kabupaten Barru membuka kelas baru yaitu Kelas Geologi Lingkungan.

Founder Sekolah Hibridah, Ilham, S.Pd.,M.Pd mengatakan bahwa Sekolah Hibridah Barru adalah alternatif sekolah yang menggunakan alam sebagai ruang kelas nyata belajar sains yang menyenangkan dan membebaskan.

Loading...

Dalam kelas kali ini, dilakasanakan di desa Manuba lokasi wisata bujung makkatowannge, “Ilmu Kebumian Perlu Kita Kabarkan,” Minggu 24 Februari 2019.

“Bumi ini adalah suatu kesatuan yang memiliki keterakaitan ruang yang satu dengan ruang lainya, terhadap fenomena yang satu dengan fenomena lainya, aktifitas geologi adalah sebuah fenomena alam yang memiliki peranan yang kuat terhadap dinamikan lingkungan hidup yang terjadi di permukaan bumi kita,” jelas Ilham, S.Pd.,M.Pd.

Kelas geologi lingkungan yang dibuka oleh Sekolah Hibrida kali ini, adalah sebuah media belajar bagi masyarakan dan pemuda untuk memahami kondisi geologi di permukaan bumi, karena ilmu kebumian perlu kita masyarakat kan, tambahnya.

Sebagai langkah awal untuk membuka kelas Geologi lingkungan, sekolah hibridah telah melaksanakan latihan untuk relawan sekolah hibridah di Bujung Makatowannge.

Pada kegiatan ini, sekolah hibridah melatih dan membina relawan untuk memahami kondisi geologi secara umum, materi yang di pelajari masih materi dasar, seperti siklus geologi dan beberapa proses identifikasi jenis batuan di lokasi kegiatan.

Sekolah hibridah melibatkan Satriah, S.Pd, Alumni Geografi yang mengajar di SMKN 5 Barru Jurusan Pertambangan. Alumni SISPULIH SMAN 4 Barru untuk membawakan materi kimia Lingkungan atas nama Andi Nurhayati Arsyad.

Selain itu Sekolah HIbridah juga melibatkan relawan dari Kabupaten Sidrap yakni Satri Polang musisi, Jumiati Tahir penggiat kegiatan sosial dan Baso Irwansyah pendakwah mereka hadir untuk berbagi inspirasi dan menjalin silaturahmi, selanjutnya Satry polang membawakan lagu yang khusus di ciptakan untuk sekolah Hibrida harapannya lagu yang berjudul sekolah Hibridah ini mampu menjadi lagu pemersatu dan penyemangat untuk selalu konsisten merawat alam dan lingkungan sekitar. (Arf/Hamka/Mj)

Loading...

Baca Juga: