Selandia Baru Ikut Bersuara Soal Foto Tentara Australia Bunuh Anak Afganistan, Sampaikan Keprihatinan Pada China

Berbicara di parlemen pada Selasa (1/12), Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pihaknya telah menyatakan keprihatinannya langsung kepada China.

“Selandia Baru telah menyatakan langsung ke otoritas China (terkait) kekhawatiran kami atas penggunaan foto itu,” kata Ardern, seperti dikutip Reuters.

Berita Populer  Presentasi Bahlil Lahadalia Soal Investasi Direcoki Peretas

“Itu adalah unggahan yang tidak benar, dan tentu saja itu akan menjadi perhatian kami. Jadi itu adalah sesuatu yang kami kemukakan secara langsung,” tambah dia.

Beberapa waktu lalu, foto yang dimaksud oleh Ardern telah diunggah oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

Berita Populer  Ponpes Denanyar Jadi Tempat Peristirahatan Terakhir Gus Im Wahid

Dalam keterangannya, Zhao mengaku terkejut dengan laporan yang membuktikan pasukan khusus Australia telah membunuh warga sipil Afganistan secara ilegal.

Unggahan itu muncul di tengah perselisihan antara Beijing dan Canberra yang kian memanas. Sehingga Australia pun telah menuntut permintaan maaf China dan menghapus foro tersebut.

Berita Populer  Jualan Batik Lebih Dari Rp 1 Miliar, Dubes Umar Hadi Dapatkan Rekor MURI

Di sisi lain, Selandia Baru selama ini telah berupaya untuk menghindari ketegangan dengan China, sebagai mitra dagang terbesarnya.

Walau begitu, Selandia Baru memiliki kedekatan dengan Australia, menjadi bagian dari Five Eyes, dan mendukung partisipasi Taiwan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berita Terbaru