Sempat Bersitegang, Prancis Tawarkan Bantuan untuk Gempa Turki

NKRIKU, Di tengah ketegangan hubungan karena isu kartun Nabi Muhammad, Prancis justru ikut menyatakan solidaritas atas bencana gempa bumi yang melanda Turki. Dalam bentuk kepeduliannya, Prancis bahkan dilaporkan menawarkan bantuan khusus untuk Yunani serta Turki.

Mengutip Barrons, ucapan solidaritas hingga tawaran bantuan disampaikan langsung oleh pemerintahan Prancis sejak Jumat (30/10) lalu. Melalui Menteri Dalam Negerinya, Prancis pun dikatakan siap memberikan bantuan yang diperlukan untuk wilayah Aegea yang dilanda bencana.

“Prancis berdiri di samping orang-orang Turki dan Yunani untuk menghadapi cobaan yang mengerikan ini.”

baca juga:

“Jika pemerintah negara-negara ini menginginkan bantuan Prancis bisa segera dikirim ke tempat kejadian,” ucap Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin.

Tidak hanya Gerald, tawaran bantuan juga telah disampaikan oleh Menteri Urusan Eropa, Clement Beaune. Hampir senada, Beaune juga menuturkan bahwa Eropa bersama dengan Prancis Yunani siap memberikan uluran tangan untuk Turki dan Yunani.

“Solidaritas penuh dari Prancis dengan Yunani dan Turki setelah gempa bumi. Kami siap memberikan bantuan yang diperlukan,” terang Beaune dalam laman Twitternya.

Kesiagaan untuk membantu Turki memang sudah mendapatkan komitmen penuh dari Prancis. Namun, berapa jumlah dana atau apakah Turki mau menerima bantuan sejauh ini belum dapat dikonfirmasi.

Meski begitu, juluran tangan dari Prancis jelas telah memberi angin segar tersendiri. Seperti diketahui, ketiga negara, Turki-Prancis-Yunani kerap terlibat bentrok dalam banyak urusan geopolitik.

Yunani-Turki sendiri diketahui masih panas dalam urusan eksplorasi energi di wilayah Mediterania Timur.

Makin runyam, Turki belakangan berseteru dengan Prancis, salah satu negara yang getol mendukung Yunani dalam urusan pengeboran kapal Turki di pulau sengketa, Kreta.

Berita Terbaru