Seorang Anggota Munas Kadin Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Tiba di Makassar

NKRIKU, Jakarta – Perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Gorontalo, Ridwan Bobihoe, dinyatakan positif Covid-19 setibanya di Makassar setelah melakukan perjalanan dari Gorontalo. Ridwan sedianya akan mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) Kadin yang digelar mulai Rabu, 30 Juni 2021.

“Hasil tes PCR saya tadi pagi menyatakan saya positif Covid-19. Saya masih menunggu keputusan panitia (Munas Kadin) akan diisolasi di mana. Sekarang saya belum tahu tempatnya,” ujar Ridwan saat dihubungi Tempo, Rabu, 30 Juni.

Ridwan melakukan perjalanan dari Gorontalo tujuan Makassar menggunakan pesawat Lion Air pada Selasa pagi, 29 Juni. Sebelum naik pesawat, ia menjalani tes swab Antigen dengan hasil negatif Covid-19.

Berita Populer  Di Balik Gerutu Elon Musk soal Rapid Test Antigen Covid-19

Setelah tiba di Makassar pada Selasa siang, Ridwan kembali mengecek kondisi kesehatannya dengan tes swab PCR di salah satu rumah sakit Islam. Tes ini dilakukan sebagai syarat sebelum ia melanjutkan perjalanan ke lokasi Munas Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara. Sesuai jadwal, seharusnya Ridwan berangkat ke Kendari pada Rabu siang.

Selama di Makassar, Ridwan mengatakan sempat berkontak dengan peserta Munas Kadin dari provinsi lainnya. “Karena kami kan menginap bersama di hotel,” ujarnya.

Berita Populer  Corona, Kadin Sebut 6,4 Juta Pekerja Dirumahkan dan Kena PHK

Ridwan mengaku saat ini kondisinya sehat. Ia tidak mengalami gejala apa pun, seperti demam atau batuk.

Seorang sumber Tempo di lingkungan petinggi Kadin Indonesia menyatakan empat orang peserta Munas Kadin yang telah tiba di Kendari juga dinyatakan positif Covid-19. Informasi itu dilengkapi bukti hasil tes swab PCR yang dikeluarkan oleh rumah sakit swasta di Makassar.

“Satu orang di antaranya pengurus yang sudah tiba di Kendari,” kata sumber itu.

Berita Populer  Mulai Besok, Tarif Tes Antigen di Empat Stasiun KAI Cirebon jadi Rp 45 Ribu

Munas Kadin akan berlangsung selama dua hari, mulai 30 Juni hingga 1 Juli 2021. Munas ini rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Kami menghadap Presiden melaporkan persiapan Munas Kadin tanggal 30 Juni sampai 1 Juli di Kendari. Insya Allah, Presiden menyampaikan akan hadir di Kendari,” kata Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani dalam konferensi pers, Senin, 28 Juni lalu.

BACA: Arsjad Rasjid Didukung 23 Asosiasi Jadi Ketua Umum Kadin

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Berita Terbaru