SIKM Berlaku Besok, Wagub DKI: Ada Rapid Test Covid-19 Acak di Jalan

NKRIKU.COM – Pemerintah akan mulai memberlakukan aturan Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM pada 6-17 Mei mendatang. Tak hanya membawa SIKM, untuk bisa bepergian dari dan keluar Jabodetabek harus bebas Covid-19.

Karena itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan ada tes rapid Covid-19 di jalan. Namun tidak untuk semua pengendara, melainkan dipilih secara acak.

“Kami akan melakukan kegiatan pembagian masker dan tes rapid secara random di setiap perjalanan dan mudah-mudahan dapat mengurangi penyebaran covid,” kata Riza di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/5/2021).

Berita Populer  Bertemu Sandiaga Uno di Thamrin 10, Wagub Riza: Saya Ini Bawahan Pak Sandi

Riza juga mengatakan aturan SIKM sudah diteken dan diterbitkan atasannya, Anies Baswedan. Namun, produk hukum dalam bentuk Peraturan atau Keputusan Gubernur itu yang berisi mekanisme pembuatan SIKM belum tercantum dalam situs Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

Baca Juga:
Cara Membuat Surat Izin Keluar Masuk SIKM di Jakarta

Berita Populer  Wagub DKI Positif Covid, Anak Buah Pastikan Anies Sehat

“Terkait SIKM juga sudah dikeluarkan,” ujarnya.

Politisi Gerindra ini pun meminta nantinya petugas yang melakukan verifikasi dari Kelurahan tidak asal mengeluarkan SIKM. Penerima harus sesuai kriteria yang telah ditentukan.

“Kami minta dapat diberikan orang tertentu saja hanya keperluan pekerjaan yang penting yang ensensial, yang hamil, kegiatan persalinan, ada yang meninggal dunia, yang lain-lain tidak diperkenankan,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah akan mulai memberlakukan larangan mudik mulai 6 sampai 17 Mei mendatang. Nantinya untuk bisa bepergian keluar Jabodetabek, perlu memiliki Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM).

Berita Populer  Anak Buah Anies Jadi Tersangka KPK, Wagub DKI Sebut Belum Ada PNS Terlibat

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pengajuan SIKM dilakukan secara daring atau online. Untuk bisa mendapatkan SIKM, warga perlu mengunduh aplikasi JakEvo atau membuka situs jakevo.jakarta.go.id.

Baca Juga:
Anies Resmi Terbitkan Aturan SIKM, Wagub DKI Minta Jangan Salah Sasaran

“Iya karena kita prosesnya daring jadi yang bersangkutan mengajukan melalui JakEvo,” ujar Syafrin saat dihubungi, Senin (3/5).

Berita Terbaru